Syahputra, Muhammad Tommy (2024) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.
Text (SK 233 PAI 2024)
SKRIPSI MUHAMMAD TOMMY SYAHPUTRA_T20191400_PAI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Muhammad Tommy Syahputra, 2024: Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Madrasah Tsanwiyah Darun Najah Banyuwangi.
Kata Kunci: Peran guru akidah akhlak, membentuk karakter disiplin Siswa
Dalam pendidikan peranan guru sangatlah penting terlebih peran guru agama Islam seperti guru akidah akhlak dalam mendidik prilaku siswa agar menjadi manusia yang taat pada peraturan sesuai norma-norma salah sataunya kedisiplinan. Peranan guru Akidah Akhlak sangatlah penting terlebih dalam melakukan pembinaan kedisiplinan siswa dalam menjalankan tata tertib sekolah hal ini bertujuan agar tujuan pendidikan dapat tercapai sebagaimana dalam bentuk ketaatan yaitu kedisiplinan. Adapun di MTs Darun Najah Banyuwangi dalam membentuk karakter disiplin di sekolah yaitu meningkatkan dan mengembangkan peran aktif guru, partisipasi guru, dan pasif guru akidah akhlak supaya tercapainya tujuan dengan sesuai yang diharpakan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran aktif guru akidah akhlak dalam membentuk karakter disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Banyuwangi. 2) Bagaimana peran partisipatif guru akidah akhlak dalam membentuk karakter disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Banyuwangi. 3) Bagaimana peran pasif guru akidah akhlak dalam membentuk karakter disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Banyuwangi.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana peran aktif guru akidah akhlak dalam membentuk karakter disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan bagaimana peran partisipatif guru akidah akhlak dalam membentuk karakter disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Banyuwangi. 3) Mendeskripsikan bagaimana peran pasif guru akidah akhlak dalam membentuk karakter disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yaitu: Kondensasi data (menyeleksi data, memfokuskan data, menyederhanakan data, mengabstraksi data, dan mentransformasi data), penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa Kesimpulan dari peran guru akidah akhlak dalam membentuk karkater siswa yaitu ada tiga tipe peran guru yang digunakan dalam membentuk karakter disiplin siswa disekolah; 1) Peran aktif guru akidah akhlak yaitu dengan menjadi motivator, demonstrator, inspirator dan mentor yang baik untuk siswa di sekolah. 2) Peran partisipatif guru akidah akhlak yaitu sebagai pendorong dan pembimbing yang baik selama di sekolah. 3) Peran pasif guru akidah akhlak yaitu melakukan pembinaan kepada siswa agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam membentuk karakter disiplin di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210201 Archival, Repository and Related Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Tommy Syahputra |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 03:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 03:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37529 |
Actions (login required)
View Item |