Annisa, Siti Rohmatun (2024) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS LAYANAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN LAYANAN TRAVEL HAJI DAN UMROH DI KECAMATAN TARIK KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 054 PI 2024)
Siti Rohmatun Annisa_204103050061-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Siti Rohmatun Annisa, 2024: Hubungan Antara Kualitas Layanan Dengan
Kepuasan Konsumen Layanan Travel Haji Dan Umroh Di Kecamatan
Tarik Kabupaten Sidoarjo.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen, Travel Haji dan Umroh
Persaingan bisnis jasa travel haji dan umroh semakin ketat dengan
bertambahnya jumlah travel yang semakin banyak. Untuk menghadapi persaingan
antar travel, perusahaan jasa travel diharus memberikan pelayanan yang terbaik
pada jamaahnya. Untuk memberikan pelayanan yang baik, perusahaan jasa travel
harus meningkatkan kualitas layanannya sehingga konsumen mendapat kepuasan
saat menggunakan jasa travel tersebut. Kualitas layanan memiliki hubungan yang
kuat dengan kepuasan konsumen. Kualitas layanan mendorong konsumen untuk
membentuk hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan dengan
perusahaan. Sikap dan kepercayaan konsumen menjadi penentu kepuasan,
konsumen akan menggunakan jasa travel kembali apabila merasa puas dengan
pelayanan yang diberikan oleh jasa travel.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apakah terdapat hubungan
antara kualitas layanan dengan kepuasan konsumen layanan travel haji dan umroh
di Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan
antara kualitas layanan dengan kepuasan konsumen layanan travel haji dan umroh
di Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
korelasional. Sampel yang digunakan sejumlah 80 sampel dengan teknik
pengambilan sampel menggunakan proposional sampling. Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan indikator dari
kualitas layanan dan kepuasan konsumen. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah korelasi pearson product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan yang positif antara kualitas
layanan dengan kepuasan konsumen dengan nilai korelai sebesar 0,712, yang
artinya semakin tinggi kualitas layanan perusahaan travel haji dan umroh, maka
semakin tinggi pula kepuasan konsumen yang dihasilkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam |
Depositing User: | Siti Rohmatun Annisa |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 03:15 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 03:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37536 |
Actions (login required)
View Item |