Fathirulloh, Muhamad Rafi (2024) Analisis Uses And Gratification Terhadap Santri Mahasiswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Channel Youtube Metode Al-Bidayah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 083 KPI 2024)
Muhamad Rafi Fathirulloh_ 204103010029 (2) (1) (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Analisis Uses And Gratification, Santri Mahasiswa, YouTube.
YouTube memiliki pengaruh besar di dunia dan ia juga digunakan oleh pengasuh Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember untuk digitalisasi pembelajaran Nahwu Sharaf dalam bentuk video dan diunggah ke Media Sosial YouTube untuk ditonton. Cita-cita dari pengasuh rupanya tidak berimbang dengan fakta di lapangan bahwasanya tingkat absorpsi dari penggunaan ilmu teknologi di kalangan Santri Mahasiswa tidak serta seirama dengan semangat Santri.
Adapun fokus pada penelitian ini: 1) Sejauh mana penggunaan YouTube Metode Al-Bidayah dalam pembelajaran bahasa Arab pada kalangan Santri Mahasiswa Pondok Pesantren Al-Bidayah. 2) Bagaimana Pemenuhan Kepuasan individual pada kalangan Santri Mahasiswa Pondok Pesantren Al-Bidayah Melalui Channel YouTube Metode Al-Bidayah Sebagai Media Pembelajaran. Penelitian ini juga memiliki tujuan: 1) Untuk menganalisis sejauh mana penggunaan YouTube Metode Al-Bidayah dalam pembelajaran bahasa Arab pada kalangan Santri Mahasiswa Pondok Pesantren Al-Bidayah. 2) Untuk mengetahui pemenuhan Kepuasan individual pada kalangan Santri Mahasiswa Pondok Pesantren Al-Bidayah melalui Channel YouTube Metode Al-Bidayah Sebagai Media Pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang bermaksud memahami fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara kepada santri mahasiswa yang menggunakan YouTube sebagai media belajar bahasa Arab di Channel YouTube Metode Al-Bidayah. Kemudian, teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Teori komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori penggunaan dan kepuasan atau Uses And Gratification theory sebagai teori utama dan teori new media sebagai teori pendukung. Teori Uses And Gratification mengacu pada pemilihan media yang digunakan khalayak dalam menggunakan untuk memenuhi kebutuhannya dalam mencari sesuatu yang diinginkan, sesuai dengan fenomena yang terjadi pada latar belakang masalah penelitian ini, yakni mengenai kegunaan YouTube sebagai media pembelajaran.
Adapun hasil penelitian sebagai berikut: 1) Penggunaan Channel YouTube Metode Al-Bidayah di kalangan Santri Mahasiswa Pondok Pesanren Al-Bidayah Jember digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi pembelajaran berdasarkan alasan untuk menambah materi pembelajaran yang tertinggal dikarenakan jadwal kajian bersamaan dengan jadwal Santri Mahasiswa belajar di Kampus. 2) Kebutuhan individual yang didapat dalam menggunakan Channel YouTube Metode Al-Bidayah sebagai media pembelajaran meliputi kebutuhan kognitif, afektif, integrasi pribadi, integrasi sosial dan kebutuhan berkhayal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Muhamad Rafi Fathirulloh |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 07:16 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 07:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37537 |
Actions (login required)
View Item |