Dewi, Cindy Arista (2024) Pembelajaran Permainan Ular Tangga Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Peserta Didik Kelompok B Di Pos PAUD Jambu 37 Ajung-Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
CINDY ARISTA DEWI_T20195009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Cindy Arista Dewi, 2024: Pembelajaran Permainan Ular Tangga Dalam
Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Peserta Didik Kelompok B di Pos PAUD
Jambu 37 Ajung-Jember.
Kata kunci: Permainan Ular Tangga, Kecerdasan Kinestetik
Fakta permasalahan yang terjadi di Pos PAUD Jambu 37 Ajung Jember
meliputi: 1) sedikitnya pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan
kinestetik, 2) pengembangan kecerdasan kinestetik sering kali dilakukan dengan
gerak dan lagu sehingga anak mudah bosan, 3) masih kurangnya kemampuan
anak dalam mengembangkan kelincahan, kekuatan, dan gerakan koordinasi, 4)
serta adanya upaya yang dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan kinestetik
anak melalui permainan ular tangga.
Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan
pembelajaran permainan ular tangga dalam mengembangkan kecerdasan
kinestetik peserta didik kelompok B di Pos PAUD Jambu 37 Ajung-Jember? 2)
Bagaimana pelaksanan pembelajaran permainan ular tangga dalam
mengembangkan kecerdasan kinestetik peserta didik kelompok B di Pos PAUD
Jambu 37 Ajung-Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran permainan ular
tangga dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik peserta didik kelompok B di
Pos PAUD Jambu 37 Ajung-Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis
proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran permainan ular
tangga dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik peserta didik kelompok B di
Pos PAUD Jambu 37 Ajung-Jember.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan jenis studi kasus
yang berlokasi di Pos PAUD Jambu 37 Ajung-Jember. Penentuan subyek
menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan model Miles Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan
data, kondesasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) kegiatan perencanaan
pembelajaran meliputi penyusunan PROTA, PROMES, dan modul ajar yang
mecakup pembelajaran selama satu pekan, serta menyiapkan media pembelajaran.
2) kegiatan pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti,
dan kegiatan penutup. 3) pada bagian evaluasi dilakukan secara berkala dengan
menggunakan penilaian ceklis dan anekdot. Hasilnya menunjukkan bahwa
perkembangan kecerdasan kinestetik peserta didik dengan kategori BB 0%,
kecerdasan kinestetik dengan kategori MB 16,7%, kecerdasan kinestetik dengan
kategori BSH 33,3%, dan kecerdasan kinestetik dengan kategori BSB 50%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Cindy Arista Dewi |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 04:02 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 04:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37547 |
Actions (login required)
View Item |