Penerapan Media Flashcard Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Tunagrahita Di SLB-C TPA Jember Tahun Ajaran 2020/2021

ROZZIQ NUR, FACHRURROHMAN (2020) Penerapan Media Flashcard Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Tunagrahita Di SLB-C TPA Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
ROZZIQ NUR FACHRURROHMAN_T20161242.pdf

Download (6MB)

Abstract

Rozziq Nur Fachrurrohman, 2020: “Penerapan Media Flashcard Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Tunagrahita Di SLB-C TPA Jember Tahun Ajaran 2020/2021” Kata Kunci: Media flashcard, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), siswa tunagrahita. Anak tunagrahita atau dikenal juga dengan istilah terbelakang mental karena keterbatasan kecerdasannya mengakibatkan dirinya sukar untuk mengikuti program pendidikan di sekolah biasa secara klasikal, oleh karena itu anak terbelakang mental membutuhkan layanan pendidikan secara khusus yakni disesuaikan dengan kemampuan anak tersebut, memerlukan interaksi yang baik, menggunakan metode dan media yang variatif, berubah-ubah agar anak mampu mendapatkan pemahaman dengan baik. Berdasarkan konteks penelitian tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana persiapan penerapan media flashcard pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa tunagrahita di SLB-C TPA Jember tahun ajaran 2020/2021? 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan media flashcard pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa tunagrahita di SLB-C TPA Jember tahun ajaran 2020/2021? 3) Bagaimana evaluasi penerapan media flashcard pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa tunagrahita di SLB-C TPA Jember tahun ajaran 2020/2021? Tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan persiapan penerapan media flashcard pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita di SLBC TPA Jember tahun ajaran 2020/2021. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan penerapan media flashcard pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita di SLB-C TPA Jember tahun ajaran 2020/2021. 3) Mendeskripsikan evaluasi penerapan media flashcard pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita di SLB-C TPA Jember tahun ajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data teknik model Miles and Huberman dengan langkah-langkah: kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu: triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitiannya adalah: 1) Persiapan penerapan media flashcard pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan cara menyiapkan media flashcard, menyiapkan diri guru dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran. 2) Pelaksanaan penerapan media flashcard pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dilaksanakan dengan sistem individual menggunakan metode ceramah. Pelaksanaan penerapan media flashcard dilakukan dengan guru membimbing secara penuh terhadap masing-masing peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagian bab wudlu dan sholat. Selain pelaksanaan secara luring, penerapan media flashcard juga dilakukan secara daring bagi siswa yang tidak dapat hadir ke sekolah. Mereka melakukan proses pembelajaran bersama orang tua atau wali siswa. 3) Evaluasi penerapan media flashcard pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan pada aspek pembelajaran yakni evaluasi non tes berupa praktek dan evaluasi media flashcard itu sendiri guna mengetahui dan melakukan perbaikan terhadap media yang telah dipakai dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:58
Last Modified: 18 Mar 2022 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3755

Actions (login required)

View Item View Item