Utami, Khaifa Diyanita (2024) komunikasi Verbal Berkata Kasar Pengguna Game Mobile Legends Di Rumah Makan Minangkabau Kerobokan Kelod Bali. Undergraduate thesis, UIN Khas Kyai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 082 KPi 2024)
Khaifa Diyanita Utami_205103010017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Khaifa Diyanita Utami, 2024: Komunikas Verbal Berkata Kasar Pengguna Game Mobile Legends di Rumah Makan Minangkabau Kerobokan Kelod Bali
Kata Kunci: Berkata Kasar, Game Mobile Legends, Komunikasi Verbal
Rumah Makan Minangkabau Kerobokan Kelod Bali adalah salah satu rumah makan yang didalamnya terdapat beberapa pemuda yang bermain game mobile legends berkomunikasi dengan bahasa kasar. Idealnya, game mobile legends adalah permainan yang sangat menyenangkan karena permainan tersebut dapat menghilangkan rasa penat di dalam kegiatan sehari-hari, komunikasi verbal berkata kasar yang dimaksud adalah mencaci maki, mengucapkan perkataan yang tidak baik dan dapat menyakiti hati orang lain, sehingga komunikasi verbal disini banyak menimbulkan asumsi yang tidak baik bagi sekitar lingkungan sosial, mereka menilai bahwa game mobile legends ini dapat menimbulkan komunkasi verbal yang tidak baik, padahal sering kita ketahui di dalam game tersebut terdapat dampak positifnya juga, tak hanya itu biasanya pengguna game mobile legends lebih banyak bermain di tempat-tempat seperti cafe, dan tongkrongan anak muda pada umumnya, namun di penelitian ini peneliti menemukan 6-8 orang pemain yang masih muda, di rumah makan Minangkabau Kerobokan Kelod Bali.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1). Bagaimana komunikasi verbal berkata kasar yang dilakukan pengguna game mobile legends di rumah makan Minangkabau? 2). Mengapa terjadinya perilaku berkata kasar pengguma game mobile legends di rumah makan Minangkabau?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam metode ini yakni observasi, wawancara mendalam mengenai penelitian, dan yang terakhir yaitu dokumentasi. Serta menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitiannya yaitu: 1) Mengetahui komunikasi verbal berkata kasar yang dilakukan pengguna game mobile legends di rumah makan Minangkabau, yakni dalam sebuah game awalnya suasana yang terjadi sangat aman atau bisa mengontrol diri masing-masing namun ketika sudah tepat pada puncaknya yakni ketika permainan sudah semakin panas maka di sanalah pelaku sering mengucapkan kata-kata kasar yang tidak pantas diucapkan kepada orang lain secara sadar maupun tidak sadar, seperti menggunakan nama hewan, menggunakan anggota tubuh, jenis aktifitas, jenis profesi, kata sifat, makhluk halus, jenis kekerabatan, kata benda, jenis benda, dan menggunakan bahasa asing. 2) Penyebab terjadinya komunikasi berkata kasar yakni pada saat dimulainya suatu game yang dimana dalam tim mengalami kekalahan, salah satu tim melakukan kesalahan, melakukan AFK secara sengaja, menjadi beban dalam tim, musuh yang kuat, kendala sinyal buruk, dan masalah keluarga yang dilampiaskan ketika bermain game mobile legends di rumah makan Minangkabau.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mrs Khaifa Diyanita Utami |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 07:38 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 07:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37557 |
Actions (login required)
View Item |