Werdiwiyanti, Aulia (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERORIENTASI MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB-MATERI GERAK LURUS KELAS VII DI MTs WAHID HASYIM BALUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Aulia Werdiwiyanti_204101100011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Aulia Werdiwiyanti, 2024: Pengembangan E-LKPD Berorientasi Model
Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada SubMateri Gerak Lurus Kelas VII di MTs Wahid Hasyim Balung.
Kata kunci : E-LKPD Berorientasi Model Learning Cycle 7E, Hasil Belajar,
Materi Gerak Lurus.
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang sangat pesat zaman
ini, mengintruksikan sekolah menyiapkan dan mengembangkan bahan ajar. Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) merupakan bidang studi yang berkaitan tentang alam,
namun didalamnya tidak hanya mengumpulkan informasi berupa fakta, konsep
dan prinsip tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Terkhusus pada submateri fisika yaitu gerak lurus. Gerak Lurus merupakan perubahan posisi yang
terjadi pada benda karena bergerak. Komponen materi didalamnya berkaitan
dengan konsep dan rumus sehingga bahan ajar yang digunakan harus sesuai
dengan kebutuhan pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Namun
kendala yang ditemukan saat pembelajaran yaitu peserta didik merasa kesulitan
untuk memahami materi gerak lurus sehingga mempengaruhi hasil belajar yang
diperoleh. Hal tersebut menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan bahan
ajar inovatif yang dikemas pada E-LKPD Berorientasi Model Learning Cycle 7E.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kevalidan, 2)
Mendeskripsikan respon peserta didik dan, 3) Mendeskripsikan keefektifan ELKPD Berorientasi Model Learning Cycle 7E.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model
pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu : 1)
Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. Populasi
penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A MTs Wahid Hasyim Balung.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni
teknik analisis kuantitatif yaitu dari uji validitas, uji respon peserta didik dan
keefektifan produk. Uji validitas melalui angket dari validasi ahli materi, ahli
media dan pendidik IPA. Uji respon peserta didik melalui angket respons peserta
didik skala kecil dan skala besar. Sedangkan uji keefektifan dari hasil pretest dan
posttest yang di uji melalui N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) E-LKPD Berorientasi Model
Learning Cycle 7E dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase
kevalidan oleh ahli materi sebesar 92,1%, kevalidan media oleh ahli media
sebesar 94%, dan kevalidan oleh pendidik IPA sebesar 82,6%. (2) Hasil uji
respons peserta didik terhadap E-LKPD Berorientasi Model Learning Cycle 7E
didapatkan nilai persentase 87,2% untuk uji skala kecil masuk pada kategori
”sangat menarik dan untuk skala besar sebesar 80,1% masuk pada kategori
”menarik”. (3) Hasil uji nilai pretest dan posttest menggunakan N-Gain diperoleh
nilai sebesar 0,78. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Berorientasi
Model Learning Cycle 7E efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029902 Complex Physical Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Aulia Werdiwiyanti |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 02:38 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 02:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37574 |
Actions (login required)
View Item |