Ningsih, Yulia (2024) Pengembangan Media Posbuk ( Poster Buku) Terintegrasi Kearifan Lokal ( Tari Rengganis) Pada Materi Struktur Tumbuhan Kelas VIII di SMPN 01 Sukorambi Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember..
Text
SKRIPSI YULIA NINGSIH ACC-202101100009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Kata kunci:
Kearifan lokal, Posbuk( poster buku), Struktur Tumbuhan, Model of Education Recontruction (MER).
Penelitian ini mengembangkan suatu produk berupa buku penunjang agar dapat membantu peserta didik dalam memahami materi struktur tumbuhan tingkat SMP/ MTs. Produk yang dikembangkan berupa Posbuk (poster buku) yang didalamnya berisi keterangan atau uraian materi yang disusun secara alphabet. Posbuk( poster buku) ini berisi integrasi antara sains dan kearifan lokal. Pengintegrasian sains dan kearifan lokal dapat tersalurkan kepada peserta didik dengan tujuan menambah pengetahuan dan wawasan peserta didik. Adanya Poster buku yang terintegrasi kearifan lokal Tari Rengganis dapat mendampingi buku ajar utama dan memaksimalkan kegiatan pembelajaran bagi peserta didik pada materi struktur tumbuhan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan hasil validitas terhadap pengembangan media Posbuk (poster buku) terintegrasi kearifan lokal (Tari Rengganis) pda materi struktur tumbuhan kelas VIII di SMPN 01 Sukorambi Jember, (2) Untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran Posbuk( poster buku) terintegrasi kearifan lokal( Tari Rengganis) pada materi struktur tumbuhan kelas VIII di SMPN 01 Sukorambi Jember, (3) Untuk mengetahui efektifitas pengembangan media Posbuk (poster buku) terintegrasi kearifan lokal( Tari Rengganis) pada materi struktur tumbuhan kelas VIII di SMPN 01 Sukorambi Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R & D) dengan desain MER( Model of Education Recontruction) yang terdiri dari tiga komponen yaitu: (1) Klarifikasi dan analisis konten sains( Tahapan analisa kurikulum, analisa konten sains dan analisa prakonsepsi). (2)Studi empiris, (3) Desain dan pengembangan, 4) Implementasi dan Uji respon, 5) Evaluasi pembelajaran. Subjek penelitian ini terdiri dari ahli materi, ahli media, ahli praktisi dan peserta didik kelas VIII. Adapun lokasi penelitian ini di SMPN 01 Sukorambi Jember.
Hasil penelitian ini: (1) hasil rata-rata persentase validitas Posbuk yaitu: uji validasi materi 85, 71%, ahli media 95, 35%, ahli praktisi 93% dengan kriteria sangat valid, dengan demikian posbuk ini bisa dapat diuji respon kepada peserta didik. (2) hasil uji respon peserta didik menyatakan persentase rata-rata hasil uji respon skala kecil 93% dengan kategori sangat menarik dari segi keterbacaan dilanjut dengan uji respon skala besar sebesar 91% dengan kategori sangat menarik. (3) Selanjutnya untuk mengetahui keefektifan pengembangan media poster buku, dilakukan uji N-Gain adapun nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 0,85% dengan kategori sangat efektif untuk pembelajaran IPA, terutama pada materi struktur tumbuhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200204 Cultural Theory |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Ms Yulia Ningsih |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 04:24 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 04:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37576 |
Actions (login required)
View Item |