Nafiah, Jauharatun (2024) Implementasi Budaya Religius Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jembrana-Bali. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
JAUHARATUN NAFIAH_205101030001.pdf Download (3MB) |
Abstract
Jauharatun Nafiah, 2024 : Impelementasi Budaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jembrana.
Kata kunci : Kecerdasan spiritual, Budaya religius
Kecerdasan spiritual merupakan potensi yang ada dalam diri seseorang yang mampu beradaptasi, berinteraksi, dan bersosialisasi dengan lingkungan sehari-hari dengan baik sehingga ketika bisa menghadapi persoalan dalam hidup secara spiritual. Budaya Religius merupakan sebuah pembiasaan yang di lakukan secara terus menerus untuk teciptaanya nilai-niai agama sebagai tradisi dalam berprilaku yang diikuti oleh warga madrasah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana implementasi budaya religius dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jembrana-Bali ? 2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat budaya religius dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jembrana-Bali ?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan implementasi budaya religius dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jembrana-Bali. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat budaya religius dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jembrana-Bali.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini mengahasilkan kesimpulan berupa 1) Implementasi budaya religius dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di meliputi pertama perencanaan yang dilakukan untuk mentukan jadwal pertemuan rutin untuk mengevaluasi program di laksanakan setiap awal tahun pelajaran baru, kedua pelaksanaan budaya religius melalui kegiatan budaya salam, sapa, senyum, sopan, santun (5S), sholat dhuha, sholat dzuhur, membaca al-qur’an dan hafalan juz 30 , istighosah, jumat sehat, jumat amal, jumat bersih dan PHBI, ketiga evaluasi program kegiatan budaya religius di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jembrana dilakasankan melalui rapat evaluasi di awal semeser genap, rapat evaluasi di akhir semester ganjil dan rapat evaluasi bulanan. 2) Faktor pendukung dari kepala madrasah, tenaga pengajar yang profesional, serta peran aktif orang tua dan komite madrasah Selain itu, adanya pembelajaran agama yang komprehensif dan fasilitas seperti ma’had juga turut memperkuat pemahaman agama siswa. Faktor penghambat yaitu keterbatasannya sarana prasarana yang mana hal itu sangat mempengaruhi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh madrasah, peserta didik yang masih ada melanggar praturan, dan dari faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Jauharatun Nafiah |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 01:05 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 01:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37579 |
Actions (login required)
View Item |