Inovasi manajemen kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu lulusan di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang

Al Rasyid, Muhammad Umar Mansyur (2024) Inovasi manajemen kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu lulusan di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. Undergraduate thesis, Manajemen pendidikan islam.

[img] Text (SK 102 MPI 2024)
SKRIPSI UMAR mansyurr wm (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Umar Mansyur Al Arasyid,2024 : Inovasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan Di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang.
Kata kunci : Inovasi Manajemen, Kurikulum, Mutu.

Seiringnya waktu, madrasah yang sampai saat ini jumlahnya ribuan di indonesia juga masih tetap menjadi tumpuan dan harapan sebagian umat islam yang menginginkan anak-anak mereka berbahagia di dunia dan di akhirat. Hal ini menggambarkan kehadiran madrasah tidak sebelah mata sebagai bagian dari pendidikan nasional sesuai pencantuman madrasah dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional sejak tahun 1989. Madrasah sebagai organisasi memerlukan tingkat koordinasi yang tinggi. Keberhasilan madrasah adalah tidak hanya dari keberhasilan kepala madrasah, tetapi juga dipengaruhi adanya perubahan mutu kurikulum. Sementara itu harus diakui bahwa salah satu faktor yang menghambat peningkatan kualitas pendidikan di madrasah adalah manajemen (pengelolaan). Berdasarka wawancara yang telah dilakukan kepada guru di MAN Lumajang bahwa sekolah masih membutuhkan hal tambahan pengetahuan dalam menerapkan inovasi kurikulumm, pengembangan program kurikulum, serta evaluasi kurikulum.
Fokus penelitian yaitu (1)Bagaimana inovasi kurikulum di MAN Lumajang? (2)Bagaimana pengembangan program kurikulum di MAN Lumajang? (3) Bagaimana evaluasi kurikulum di MAN Lumajang? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan inovasi kurikulum di MAN Lumajang; (2) Mendeskripsikan pengembangan program kurikulum di MAN Lumajang; (3)Mendeskripsikan evaluasi kurikulum di MAN Lumajang.
Jenis penelitian yang digunakan yakni studi kasus. Pengambilan data dilakukan di MAN Lumajang. Subjek penelitian terdiri dari: Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, dan Peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan tiga cara yakni reduksi data, penyajian data, verifikasi data.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang peneliti lakukan di MAN Lumajang yaitu;inovasi kurikulum pada MAN Lumajang mengusung Program Sistem Kredit Semester (SKS) selain itu juga terdapat program MA Plus keterampilan yang mengedepankan jurusan berbasis keterampilan seperti Multimedia, TKJ, serta Tata Busana. Dalam memperkua keterampilan bahasa MAN Lumajang juga mengembangkan Bahasa Asing meliputi Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Mandarin. Kedua pengembagan inovasi kurikulum di MAN Lumajang juga difokuskan pada pembelajaran berbasis Teknologi dengan menerapkan pada siswa dalam beberapa mata pelajaran. Pelatihan khusus ini juga diberikan khusus kepada guru agar mendukung pemahaman mereka terhadap pengintegrasian kurikulum berbasis IT dan kurikulum merdeka. Ketiga dalam meninjau efektivitas dan pencapaian tujua pendidikan pihak sekolah akan melakukan evaluasi manajemen kurikulum serta melakukan koreksi dan peningkatan untuk memastikan keberhasilan perencanaan kurikulum. Keberhasilan evaluasi akan diukur melalui hasil belajar siswa, mutu lulusan, serta jumlah siswa yang telah berhasil diterima di PTN favorit. Evaluasi akan dilakukan dua kali dalam setiap semester pada UTS dan UAS untuk hasil belajar siswa, serta pada akhir semester untuk mengevaluasi mutu lulusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad umar Mansyur Alrasyid
Date Deposited: 11 Dec 2024 02:29
Last Modified: 13 Dec 2024 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37592

Actions (login required)

View Item View Item