Sukmaningrum, Adelia (2024) Pengembangan media pembelajaran fun thinkers book pada pembelajaran pendidikan pancasila kelas 1 sekolah dasar darut thalabah wonosari bondowoso. Undergraduate thesis, Pendidikan Guru Madrasah ibtidaiyah.
Text (SK 073 PGMI 2024)
SKripsi mbak adel13_compressed.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Adelia Sukmaningrum, 2024 Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 1 Sekolah Dasar Darut Thalabah Wonosari Bondowoso.
Kata Kunci: Pengembang Media, Fun Thinkers Book, Simbol-Simbol Pancasila, Pembelajaran Pendidikan Pancasila
Media Fun Thinkers Book adalah alat visual dan buku yang dirancang untuk membuat belajar lebih menarik. Di Sekolah Dasar Darut Thalabah, proses pembelajaran di kelas 1 masih menggunakan metode ceramah dan media yang terbatas, seperti papan tulis dan gambar sederhana. Untuk itu, peneliti akan mengembangkan media fun thinkers book yang sesuai dengan materi Pancasila, yang dirancang menarik dan mudah dibawa. guna meningkatkan minat belajar dan kemandirian siswa dalam memahami simbol- simbol Pancasila
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:1) Bagaimana kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 1 Sekolah Dasar Darut Thalabah Wonosari Bondowoso 2) Bagaimana Kepratisan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 1 Sekolah Sekolah Dasar Darut Thalabah Wonosari Bondowoso 3) Bagaimana Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 1 Sekolah Sekolah Dasar Darut Thalabah Wonosari Bondowoso.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) Mendeskripsikan kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 1 Sekolah Dasar Darut Thalabah Wonosari Bondowoso 2) Mendeskripsikan Bagaimana Kepratisan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 1 Sekolah Sekolah Dasar Darut Thalabah Wonosari Bondowoso 3) Mendeskripsikan Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 1 Sekolah Sekolah Dasar Darut Thalabah Wonosari Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau sering dikenal dengan istilah Reaserch and Development atau disebut juga R & D. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model penelitian ADDIE atau sering disebut dengan analysis, design, development, implementation dan evaluation Model ADDIE yang efektif lebih berfokus pada pelaksanaan tugas otentik, pengetahuan yang bersifat kompleks, dan permasalahan asli
Hasil penelitian ini yaitu pertama produk yang dikembangkan yaitu media Fun Thinkers Book yang berisikan materi simbol-simbol pancasila pada peserta didik kelas 1 yang memuat gambar-gambar dan desain menarik. Kedua secara keseluruhan analisis dari para ahli media pembelajaran papan kreatif huruf ini menunjukan presentase sebesar 99,43% dengan kategori sangat menarik untuk digunakan dalam pembelajaran, dan Ketiga data uji coba produk dengan meakukan respon pada peserta didik menunjukan presentase rata-rata sebesar 98%, sehingga dapat dinyatakan produk media Fun Thinkers Book dinyatakan sangat menarik untuk digunakan dan tidak perlu direvisi ulang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Adelia Sukmaningrum |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 02:47 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 02:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37597 |
Actions (login required)
View Item |