Penataan mutu di madrasah ibtidaiyah pada kelompok kerja madrasah ibtidaiyah Kabupaten Bondowoso

Muhith, Abd Penataan mutu di madrasah ibtidaiyah pada kelompok kerja madrasah ibtidaiyah Kabupaten Bondowoso. IAIN Jember.

[img]
Preview
Text
Penataan mutu di madrasah ibtidaiyah pada kelompok kerja madrasah ibtidaiyah Kabupaten Bondowoso.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep penataan mutu dan implementasi penataan mutu Madrasah Ibtidaiyah di Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Data yang telah terkumpul ditafsirkan dan dianalisis menggunakan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dicek dengan uji kredibilitas melalui perpanjangan masa keterlibatan dan observasi; trianggulasi; member check, dan melakukan pemeriksaan sejawat, dipendabilitas, komfirmabilitas, dan transferabilitas. Hasil penelitian ini adalah Konsep penataan mutu Madrasah Ibtidaiyah di KKMI Kabupaten Bondowoso, dapat diformulasikan dari Komitmen kepala madrasah dalam mengelola, menerapkan strategi untuk memaksimalkan manajemen pengelolaan sumber daya sesuai potensi yang didimiliki untuk dikembangkan agar memiliki program perencanaan yang konkrit, didorong dengan kebijakan sesuai dengan fakta dan kebutuhan, serta mengikuti ketentuan yang berlaku, tersedianya biaya mutu untuk menghasilkan output yang memiliki keunggulan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan berakhlakul karimah. Implementasi Implementasi penataan mutu Madrasah Ibtidaiyah di KKMI Kabupaten Bondowoso adalah: komitmen untuk membuat perencanaan melalui visi jelas dan berjenjang, melaksanakan rencana melalui persiapan; memberdayakan sumber daya manusia melalui pengarahan, pendampingan, pembinaan, keterlibatan kepala madrasah secara total, mensinergikan guru, melibatkan wali murid, kerjasama dengan lingkungan sekitar, menggunakan sistem kekeluargaan, meningkatan kinerja; menikmati amanah tanpa beban, menekankan pada kegiatan keagamaan, tidak menggunakan cara kekerasan, pelaksanaan akademik melalui pembelajaran dan jam tambahan, pelaksanaan non akdemik memlalui ekstra kurikuler maupun kegiatan di luar jam pembelajaran, dan mengevaluasi secara total, sehingga intensitas pengembangan sumber daya insani, lingkungan, proses pembelajaran, branding madrasah, dan publikasi hasil pendidikan dapat terlihat dengan nyata.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Pementaan Mutu, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 06 May 2019 01:52
Last Modified: 06 May 2019 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item View Item