mplementasi Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Kelas I MIMA 39 Hidayatul Murid Wuluhan Jember.

NADIATUL, FITRI (2021) mplementasi Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Kelas I MIMA 39 Hidayatul Murid Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Nadiatul Fitri_T20174046.pdf

Download (7MB)

Abstract

Nadiatul Fitri, 2021: Implementasi Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Kelas I MIMA 39 Hidayatul Murid Wuluhan Jember. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Kurikulum 2013 merupakan pembelajaran yang menerapkan pembelajaran tematik yang terdiri dari beberapa tema. Pembelajaran tematik dalam penerapannya perlu menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Metode pembelajaran yang digunakan pendidik kelas I dalam pembelajaran tematik adalah make a match. Make a match merupakan metode pembelajaran dengan mencari pasangan sambil belajar konsep dalam suasana yang menyenangkan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kelas I MIMA 39 Hidayatul Murid Wuluhan Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kelas I MIMA 39 Hidayatul Murid Wuluhan Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kelas I MIMA 39 Hidayatul Murid Wuluhan Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendiskripsikan perencanaan pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kelas I MIMA 39 Hidayatul Murid Wuluhan Jember. 2) mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kelas I MIMA 39 Hidayatul Murid Wuluhan Jember. 3) mendiskripsikan evaluasi pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kelas I MIMA 39 Hidayatul Murid Wuluhan Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) perencanaan pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kelas I MIMA 39 Hidayatul Murid Wuluhan Jember yaitu menyusun silabus, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), menyiapkan kartu make a match; 2) pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kelas I MIMA 39 Hidayatul Murid Wuluhan Jember meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Penerapan make a match diterapkan pada kegiatan inti; 3) evaluasi pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kelas I MIMA 39 Hidayatul Murid Wuluhan Jember yaitu penilaian tertulis dan penilaian portofolio. Penerapan make a match juga dijadikan sebagai penilaian siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:35
Last Modified: 21 Mar 2022 07:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3762

Actions (login required)

View Item View Item