Islami, Harisa Nur Diana (2024) PENGARUH SELF EFFICACY DAN KECEMASAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 3 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kyai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Harisa Nur Diana Islami_T20188108.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Harisa Nur Diana Islami, 2024. Pengaruh Self Efficacy dan Kecemasan Belajar terhadap Kemampuan Bepikir Kritis Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember.
Kata Kunci: Self Efficacy, Kecemasan Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kritis
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis bukanlah kemampuan bawaan sejak lahir sehingga kemampuan ini dapat diterapkan, dilatih dan dikembangkan melalui proses dan asesmen pembelajaran. Untuk itu, kemampuan berpikir kritis perlu ditingkatkan agar siswa semakin terampil, aktif, komunikatif, serta argumentatif. Kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh faktor sosiopsikologis. Salah satu faktor sosiopsikologis adalah self efficacy dan kecemasan belajar.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana self efficacy siswa pada pelajaran biologi kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember? 2) Bagaimana kecemasan belajar siswa pada pelajaran biologi kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember? 3) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran biologi kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember? 4) Adakah pengaruh self efficacy dan kecemasan belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran biologi kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember? 5) Adakah pengaruh self efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran biologi kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember? 6) Adakah pengaruh kecemasan belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran biologi kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal yang dilakukan di SMA Negeri 3 Jember. Populasi meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA sebanyak 130 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling yang berjumlah 99 siswa dari kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, dan XI MIPA 4. Teknik analisis pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program IBM SPSS Statistics25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Self Efficacy siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 92%, dan kategori tinggi sebesar 8%. 2) Kecemasan belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 90%, dan kategori tinggi 10%. 3) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember dengan kategori sangat tinggi 96%, dan kategori tinggi sebesar 4%. 4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan self efficacy dan kecemasan belajar secara bersama – sama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran biologi kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember. 5) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran biologi kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember. 6) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan kecemasan belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran biologi kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Ms Harisa Nur Diana Islami |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 04:03 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 04:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37621 |
Actions (login required)
View Item |