PENANAMAN NILAI- NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI KAJIAN AHAD PAGI DI MASJID AL-FALAH MANGLI TAHUN 2024

NURAIZAH, FEBRIANI (2024) PENANAMAN NILAI- NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI KAJIAN AHAD PAGI DI MASJID AL-FALAH MANGLI TAHUN 2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 223 PAI 2024)
SKRIPSI FEBRIANI NURAIZAH_211101010088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Di masa sekarang ini sudah banyak umat muslim yang jarang pergi ke masjid, sehingga fungsi masjid selain sebagai tempat ibadah tidak mampu berjalan optimal, hal ini disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Masjid yang bangunan arsitekturnya indah ternyata hanya dijadikan tontonan atau tempat foto sedangkan bangunan tersebut memiliki banyak fungsi. Seperti di masjid AlFalah Mangli, takmir masjid dan warga sekitar berupaya untuk memakmurkan
masjid seperti di zaman Rasulullah SAW. salah satunya yaitu mengadakan kajian ahad pagi dengan tujuan meningkatkan keimanan dan pemahaman ajaran agama Islam pada jamaah.
Fokus dalam penelitian ini di antaranya: (1) Bagaimana penanaman nilainilai pendidikan Islam pada aspek akidah melalui kajian ahad pagi di masjid AlFalah Mangli tahun 2024?. (2) Bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan
Islam pada aspek syariah melalui kajian ahad pagi di masjid Al-Falah Mangli tahun 2024?. (3) Bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada aspek akhlak melalui kajian ahad pagi di masjid Al-Falah Mangli tahun 2024?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada aspek akidah, syariah, dan akhlak melalui kajian ahad pagi di masjid Al-Falah Mangli.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif dan pada pemilihan subjek penelitian dilakukan melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan empat langkah yakni, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan, Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam melalui Kajian Ahad Pagi bagi di Masjid Al-Falah Mangli, yakni: (1) Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada aspek akidah melalui kajian ahad pagi, pemateri memberikan materi tentang iman kepada Rasul, Iman
kepada qada dan qadar, serta diusahakan antara nilai akidah, syariah, dan akhlak disampaikan dalam satu kesatuan karena saling berkaitan. (2) Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada aspek syariah melalui kajian ahad pagi, pemateri memberikan materi terkait ibadah mahzah seperti tentang shalat, puasa, haji, dan zakat. (3) Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada aspek akhlak melalui kajian ahad pagi, pemateri menyampaikan materi terkait keteladanan Rasulullah
SAW. Selain itu pemateri juga memberikan materi syukur dan menekankan terkait pendidikan anak-anak kepada jamaah, serta memberikan contoh yang baik entah sebelum kajian dimulai atau sesudahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Febriani Nuraizah
Date Deposited: 12 Dec 2024 03:15
Last Modified: 16 Dec 2024 04:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37627

Actions (login required)

View Item View Item