Nuri Vina, Mawadah (2020) Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Lectora Inspire pada Materi IPA SMP/MTs. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Text
Nuri Vina Mawadah_T201610012.pdf Download (5MB) |
Abstract
Nuri Vina Mawadah,2020: Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Lectora Inspire pada Materi IPA SMP/MTs Kata Kunci : Pendidikan, Media Pembelajaran, Analisis Kebutuhan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menjadi tantangan terutama dalam dunia pendidikan. Kehadiran guru menempati kedudukan sentral sebab peranannya yang sangat penting dalam proses pembelajaran.Persoalan yang sering muncul dalam proses pembelajaran salah satunya yaitu pendekatan yang digunakan guru masih konvensional sehingga bersifat monoton, sumber belajar yang masih menggunakan text book dan belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh guru. Keberhasilan guru dalam proses pembelajaran dapat dilihat dari tujuan pembelajaran yang telah dirancang oleh guru dapat tercapai dan pesan atau informasi diterima dengan baik oleh peserta didik. Media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan Media pembelajaran dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta kemauan peserta didik sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Dalam merancang media pembelajaran yang baik dibutuhkan analisis kebutuhan terhadap media pembelajaran. Fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini yaitu analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada materi IPA di SMP/MTs khususnya pada materi interaksi makhluk hidup terhadap lingkunganya. Tujuan penelitian ini melakukan analisis kebutuhan untuk merancang pembuatan media pembelajaran pada materi IPA berbasis lectora inspire khususnya pada materi interaksi makhluk hidup terhadap lingkunganya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket (kuesioner), wawancara, dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah MTs Negeri 1 Jember. Sampel penelitian ini adalah 64 peserta didik kelas VIIIA dan VIIIC serta 3 guru mata pelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 95,7% peserta didik setuju untuk dikembangkanya media pembelajaran berbasis lectora inspire sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dengan adanya media pembelajaran interaktif yang disesuaikan dengan indikator, materi yang disajikan dan karakteristik peserta didik dapat meningkatkan minat, penguasaan konsep dan motivasi belajar peserta didik sehingga tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan guru dapat tercapai dan mampu menciptakan suasana belajar yang efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 07:36 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 07:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3763 |
Actions (login required)
View Item |