Maharani, Izza (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM HARI-HARI NGAJI DAN TAUSIYAH MORNING DALAM PEMBINAAN AL-QUR’AN DI SDN 4 PENGANJURAN BANYUWANGI TAHUN 2024. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text (SK 222 PAI 2024)
IZZA MAHARANI-2111010100086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Izza Maharani, 2024: Implementasi Program Hari-Hari Ngaji dan Tauisiyah
Morning Dalam Pembinaan Al-Qur’an.
Kata Kunci: hari-hari ngaji dan tausiyah morning, bil qolam, pembinaan AlQur‟an.
Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil observasi penulis di
Sekolah Negeri Dasar 4 Penganjuran Banyuwangi Tahun 2024 yang menemukan
bahwa adanya problem di mana peserta didik tidak mendapatkan pengajaran AlQur‟an di lingkungan rumah mereka. Sehingga hal inilah yang mendorong
sekolah untuk membuat rancangan program pembinaan. Walaupun notabene
merupakan sekolah negeri bukan berbasis Islam, namun pihak sekolah tetap
mengutamakan kegiatan yang nantinya bisa bertujuan untuk memberikan
pemahaman kepada mereka tentang membaca Al-Qur‟an dan juga menerapkan
nilai kandungan yang terdapat di dalamnya.
Fokus penelitian membahas dua hal di antaranya: 1) Bagaimana
implementasi program hari-hari ngaji menggunakan metode bil qolam dalam
pembinaan membaca Al-Qur‟an di SDN 4 Penganjuran Banyuwangi Tahun
2024? 2) Bagaimana implementasi program tausiyah morning dalam pembinaan
pemahaman Al-Qur‟an di SDN 4 Penganjuran Banyuwangi Tahun 2024? Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi program hari-hari ngaji
menggunakan metode bil qolam dalam pembinaan membaca Al-Qur‟an di SDN 4
Penganjuran Banyuwangi Tahun 2024 dan mendeskripsikan implementasi
program tausiyah morning dalam pembinaan pemahaman Al-Qur‟an di SDN 4
Penganjuran Banyuwangi Tahun 2024
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskripstif
dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian di kelas I,II,III,IV,V dan VI SDN 4
Penganjuran Banyuwangi. Teknik pengumpulan data adalah observasi,
wawancara serta dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan,
kondensasi, penyajian data dan kesimpulan. Triangulasi data dilakukan untuk
menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi data dan tehnik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembinaan
membaca Al-Qur'an dengan metode bil qalam di SDN 4 Penganjuran
Banyuwangi bagi peserta didik kelas I-IV menggunakan bil qolam dan kelas V
dan VI menggunakan Al-Qur'an dan Juz Amma‟ dengan menerapkan tehnik
tahqiq dan tartil yang didahului dengan prosedur pembukaan, latihan dan
evaluasi. 2) Implementasi program tausiyah morning dalam pembinaan
pemahaman Al-Qur‟an di SDN 4 Penganjuran dilaksanakan setiap pagi dengan
memberikan topik yang bervariasi terkait akhlak, ibadah, sehingga dapat
membantu peserta didik dalam memahami makna pesan Al-Qur'an serta
menerapkan nilai-nilai ajarannya dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Izza Maharani |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 03:19 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 04:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37646 |
Actions (login required)
View Item |