Strategi Pengembangan Industri Kreatif Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Toko Lazarus Batik Jember

Hasan, Basri (2024) Strategi Pengembangan Industri Kreatif Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Toko Lazarus Batik Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 218 ES 2024)
SKRIPSI MUHAMMAD HASAN BASRI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK

Muhammad Hasan Basri, H. Saihan, 2024: Strategi Pengembangan Industri Kreatif Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Toko Lazarus Batik Jember.

Kata Kunci: Industri Kreatif, Daya Saing

Persaingan Bisnis Global dari tahun ketahun semakin ketat dengan berbagai macam jenis persaingan usaha. Bisnis persaingan global adalah ibaratnya memasuki perang tanding disuatu arena. Para pelaku usaha / businessman dan manajer pemasaran dalam era globalisasi memasuki suatu era persaingan total. Kemampuan daya saing masyarakat dalam tuntutan globalisasi membuka peluang bagi dunia bisnis untuk tumbuh menjadi makin berkualitas dengan efisiensi dan tentunya kompetitif fungsi bisnis yang berkepentingan dalam menunjang adaptasi itu dengan lingkungan eksternal adalah pemasaran (marketing).
Persaingan global menuntut kemampuan daerah untuk berproduksi secara efisien agar dapat bertahan. Efisiensi memicu pemikiran kreatif, yang pada gilirannya dapat menghasilkan ide-ide kreatif. industri kreatif yang identik dengan ekonomi kreatif kini dianggap memiliki kontribusi yang sangat penting bagi perekonomian daerah.
Fokus Penelitian pada skripsi ini yaitu 1) Bagaimana strategi pengembangan industri kreatif di Toko Lazarus Batik Jember untuk meningkatkan daya saing pada Lazarus Batik Jember? 2) Apasaja faktor penghambat yang dihadapi Toko Lazarus Batik Jember untuk meningkatkan daya saing pada Lazarus Batik Jember?
Tujuan Penelitian yaitu 1) Untuk menganalisis strategi pengembangan industri kreatif di Toko Lazarus Batik Jember untuk meningkatkan daya saing pada Lazarus Batik Jember, 2) Untuk menganalisis apasaja faktor penghambat yang dihadapi Toko Lazarus Batik Jember dalam mengembangkan industri kreatif untuk meningkatkan daya saing.
Untuk mengidentifikasi fokus penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field resech (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini yaitu dalam meningkatkan daya saing adalah dengan meningkatkan jumlah hasil produksi barang maupun jasa yang ada di Toko Lazarus Batik Jember, mengubah tatanan produk di dalam toko setiap satu minggu sekali, serta mengunggah produk ke media sosial, yang memiliki tujuan untuk mengenalkan produk toko Lazarus kepada konsumen secara luas dan agar memudahakan konsumen mudah mengetahui produk terbaru dari Toko Lazarus Batik Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hasan Basri
Date Deposited: 12 Dec 2024 03:22
Last Modified: 18 Dec 2024 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37647

Actions (login required)

View Item View Item