Pengembangan Modul IPS Berbantuan Media Audio Visual di Kelas VIII MTs ASHRI Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

FADYA, UTARI (2020) Pengembangan Modul IPS Berbantuan Media Audio Visual di Kelas VIII MTs ASHRI Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
FADYA UTARI_T20169029.pdf

Download (15MB)

Abstract

Fadya Utari, 2020: Pengembangan Modul IPS Berbantuan Media Audio Visual di Kelas VIII MTs ASHRI Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci: pengembangan, modul IPS, media audio visual. Terbatasnya bahan ajar dan penggunaan media yang kurang efektif meyebabkan proses pembelajaran menjadi permasalahan bagi peserta didik. Hal ini membuat minat siswa berkurang dan sulit untuk ditingkatkan. Modul kemudian dikembangkan untuk membantu kurang tersedianya bahan ajar saat kegiatan belajar mengajar. Modul juga disertai media audio visual yang akan menambah semangat dan motivasi siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu: 1) Mengembangkan modul IPS berbantuan media audio visual di kelas VIII MTs. ASHRI Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Menguji keefektifan penggunaan modul IPS berbantuan media audio visual di kelas VIII MTs. ASHRI Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) , yang menggunakan model pengembangan ADDIE oleh Reisser dan Mollenda sebagai alur tahapan penelitian. Pengumpulan data penelitian menggunakan beberapa teknik, yaitu: 1) angket; 2) wawancara; 3) observasi; 4)tes. Subjek penelitian ini melibatkan 1 pendidik mata pelajaran IPS dan 36 peserta didik kelas VIIIB MTs. ASHRI Jember. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Produk modul dan buku petunjuk guru yang dihasilkan, kemudian divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa berturut-turut menunjukkan: 1) nilai 75% kategori “valid” dan nilai 94% kategori “sangat valid”; 2) nilai 68% kategori “valid”; 3) nilai 86% kategori “sangat valid” untuk produk modul berbantuan media audio visual. Untuk produk buku petunjuk guru menunjukkan: 1) nilai 72% kategori “valid” dan nilai 95% kategori “sangat valid”; 2) nilai 70% kategori “valid”; 3) nilai 88% kategori “sangat valid”. Hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar berturut-turut menunjukkan: 1) nilai 81,29% kategori “sangat efektif”; 2) nilai 88,6% kategori “sangat efektif”. Hasil angket respon peserta didik bernilai 81,66% kategori “sangat menarik”. Berdasarkan penelitian, maka dapat diambil kesimpulan: 1) modul IPS berbantuan media audio visual yang dikembangan telah tervalidasi oleh ahli dan guru IPS sehingga layak untuk digunakan sebagai sumber pembelajaran mata pelajaran IPS di kelas VIII; dan 2) modul IPS berbantuan media audio visual efektif digunakan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran IPS di kelas VIII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:39
Last Modified: 21 Mar 2022 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3765

Actions (login required)

View Item View Item