Pelaksanaan Pembelajaran Praktik Shalat Fardhu Bagi Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember

Mahdiyyah, Rona (2024) Pelaksanaan Pembelajaran Praktik Shalat Fardhu Bagi Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 220 PAI 2024)
Skripsi_Rona Mahdiyyah_213101010003_Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Shalat adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh hamba-Nya, tidak memandang kondisi fisik karena untuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik, diberikan kefahaman dalam shalat bahwa mereka harus melaksanakan shalat sesuai kemampuannya. Maka dari itu pembelajaran praktik shalat pada anak tunanetra membutuhkan proses yang mendalam karena anak tunanetra memiliki keterbatasan terutama pada penglihatan, tentu dalam hal ini diperlukan bimbingan yang mendalam dari seorang guru dan yang berpengalaman untuk memastikan bahwa pelaksanaan pembelajaran praktik shalat sudah baik dan benar sesuai dengan syariat Islam.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran praktik shalat fardhu bagi tunanetra tingkat SMP di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? 2) Bagaimana evaluasi pelaksanaan pembelajaran praktik shalat fardhu bagi tunanetra tingkat SMP di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember Tahun Pelajaran 2024/2025?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran praktik shalat fardhu terdapat beberapa metode dalam pembelajaran yaitu pertama metode ceramah, dengan memberikan pemahaman kepada siswa mengenai materi shalat seperti syarat wajib shalat, syarat sah shalat, hal yang membatalkan dan yang lainnya, kedua metode demonstrasi dengan mengajarkan praktik shalat kepada siswa mulai dari takbiratul ihram sampai salam dengan cara memperagakan shalat dengan memperhatikan rukun-rukun shalat serta prinsip mengajar Tunanetra yang bersifat Taktual, ketiga metode diskusi, dilakukan review atau diskusi mengenai praktik shalat fardhu untuk mengetahui kesalahan dalam praktik shalat. 2) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran praktik shalat

Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Praktik Shalat, Tunanetra

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: .
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran, Praktik Shalat, Tunanetra
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Rona Mahdiyyah
Date Deposited: 13 Dec 2024 07:25
Last Modified: 13 Dec 2024 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37658

Actions (login required)

View Item View Item