RIZKA AMELIA AGUSTIN, - (2021) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Menggunakan Strategi Cooperative Learning Tipe Student Team Achivement Divison (STAD) Kelas Xi di Sekolah Menengah Kejuruan Min Qothrotul Ulum Gumukmas. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
RIZKA AMELIA AGUSTIN_T20171182.pdf Download (7MB) |
Abstract
Rizka Amelia Agustin, 2021: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Menggunakan Strategi Cooperative Learning Tipe Student Team Achivement Divison (STAD) Kelas Xi di Sekolah Menengah Kejuruan Min Qothrotul Ulum Gumukmas Kata kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Strategi Cooperative Learning tipe Studen Team Achievement Division (STAD) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah pembelajaran yang memiliki tujuan agar siswa menjadi akhlakul karimah sesuai dengan ajaran Islam. Agar memperoleh hasil yang maksimal maka harus menggunakan strategi yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan Strategi Copperative Learning tipe Studen Team Achivement Division (STAD). Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Min Qothrotul Gumukmas?. 2)Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Min Qothrotul Ulum Gumukmas?. 3)Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Min Qothrotul Ulum Gumukmas? Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Min Qothrotul Ulum Gumukmas. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Min Qothrotul Ulum Gumukmas 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Min Qothrotul Ulum Gumukmas Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis kualitatif Miles dan Huberman. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan strategi Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Min Qothrotul Ulum (MINQU) Gumukmas yaitu dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan silabus. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan strategi Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Min Qothrotul Ulum (MINQU) Gumukmas yaitu meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. 3) Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan strategi Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Min Qothrotul Ulum (MINQU) Gumukmas yaitu: Teknik tes bentuk (uraian) dan Teknik non tes instrumen penilaian sikap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 07:40 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 07:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3766 |
Actions (login required)
View Item |