Penerapan Metode Brainstorming Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Madrasah Ibtidaiyyah Hasyim Asy’arie Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021

NOVIA, FITRIANI (2021) Penerapan Metode Brainstorming Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Madrasah Ibtidaiyyah Hasyim Asy’arie Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Novia Fitriani_T20174012.pdf

Download (9MB)

Abstract

Novia Fitriani, 2021: Penerapan Metode Brainstorming Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Madrasah Ibtidaiyyah Hasyim Asy’arie Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Pengaruh penggunaan metode brainstorming, hasil belajar siswa. Metode pembelajaran salah satu bentuk cara yang digunakan seorang guru untuk mencapai materi pembelajaran, metode brainstorming adalah pembelajaran secara berkelompok yang digunakan oleh seorang pendidik untuk mencapai hasil dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Hasyim Asy’arie. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Pelaksanaan Metode Brainstorming siswa kelas V mata pelajaran Fiqih MI Hasyim Asy’Ari Gambiran Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana Hasil Evaluasi Belajar siswa setelah menggunakan Metode Brainstorming siswa kelas V mata pelajaran Fiqih MI Hasyim Asy’Ari Gambiran Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Menjelaskan bagaimana penerapan Metode Brainstorming siswa kelas V mata pelajaran Fiqih MI Hasyim Asy’Ari Gambiran Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Menjelaskan bagaimana Hasil Evaluasi Belajar siswa setelah menggunakan Metode Brainstorming siswa kelas V mata pelajaran Fiqih MI Hasyim Asy’Ari Gambiran Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, jenis penelitian tindakan kelas ( PTK), dengan menggunakan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan soal tes atau evaluasi hasil belajar. Hasil dalam penelitian ini Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas dan pembahasan yang sudah dipaparkan bahwa : 1) pembelajaran peserta didik kelas V mata pelajaran fiqih dengan menggunakan metode brainstorming menggunakan 2 siklus, yakni siklus 1 dan siklus 2, setiap siklus mempunyai 4 tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, dengan menggunakan teori Sudjana terhadap metode brainstorming tersebut adanya keselarasan dengan hasil temuan yang diperoleh oleh peneliti dalam melaksanakan metode tersebut. 2) hasil perolehan evaluasi yang diadakan dalam siklus 1 yang mana ada 10 peserta didik yang berhasil dari 28 peserta didik dalam mencapai indikator rata-rata dengan presentase 40 % di bawah rata- rata, kemudian diadakan siklus 2 yang mengalami peningkatan yang sangat baik dengan peserta didik yang berhasil dalam siklus ini ada 21 anak dari 22 peserta didik yang mengikuti evaluasi pembelajaran dengan memperoleh presentase keberhasilan 95%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:46
Last Modified: 21 Mar 2022 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3767

Actions (login required)

View Item View Item