Fajar, Arif (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC BOX ANIMAL PLANT PADA PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR TEGALWANGI 05 UMBULSARI TAHUN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Arif Fajar Hidayatul Adha DY WATERMARK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Sebagai pendidik,kami diwajibkan untuk berinovasi saat dilaksanakannya suatu pembelajaran,sehingga siswa tetap aktif dan tertarik saat pembelajaran berlangsung.media yang diberikan oleh pendidik sangatlah berpengaruh besar dalam proses pembelajaran.pesan yang disamapikan berupa media pembelajaran, dengan tujuan untuk merangsang pemahaman,dan motivasi siswa,dan dapat mendukung ketercapaian suatu pembelajaran yang efektif. Hal ini penting untuk meningkatkan pengetahuan dan informasi yang diberikan oleh pendidik.sehingga ketercapaian suatu tujuan dapat tersampaikan.penelitian saat ini peneliti mengambangkan media pembelajaran Magic Box Animal Plant dengan Media Magic Box Animal Plant dan peneliti mengharapkan media ini dapat menjadi awal pemahaman materi peseta didik yang memotivasi langsung dalam kegiatan pembelajaran. Media Magic Box Animal Plant adalah salah satu Media yang nyata dan mengutamakan indra pengelihatan. Media Magic Box juga dikenal sebagai kotak pintar yang berisi beberapa materi yang cukup banyak sehingga menjadi motivasi dalam suatu proses pembelajaran.bentuk dari media ini termasuk media visual,media ini memiliki tiga Dimensi yang berisi lebar,tinggi dan panjang bentuk media Magic Box Animal Plant memiliki bentuk seperti bangun balok.
Dalam pengembangan media Magic Box Animal Plant ada dua Rumusan Masalah yaitu : (1) Bagaimana mengembangkan Magic Box Animal Plant pada Ipas Di Sekolah Dasar Tegalwangi 05 Umbulsari Jember Tahun 2023\2024. (2) Bagaimana kelayakan pengembangan media Magic Box Animal Plant pada pelajaran IPAS siswa kelas IV di Sekolah Dasar Tegalwangi 05 Umbulsari Jember Tahun pelajaran 2023/2024.
Adapun tujuan penelitian : (1) Peneliti akan menciptakan desain produk berupa media Magic Box Animal Plant untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS siswa kelas IV di Sekolah dasar Tegalwangi 05 Umbulsari Jember pada tahun pelajaran 2023/2024.
(2) Mengetahui kesesuaian penggunaan media Magic Box Animal Plant dalam pembelajaran IPAS bagi siswa kelas IV di Sekolah dasar Tegalwangi 05 Umbulsari Jember pada tahun pelajaran 2023/2024.
(1) Proses pengembangan Media magic box animal plant dilakukan dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan dalam proses ini meliputi analisis yang dilakukan melalui observasi dan wawancara, desain yang mencakup pembuatan rancangan media Magic Box Animal Plant, dan tahap pengembangan yang melibatkan validasi oleh tiga validator ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran. Tahap implementasi dilakukan dengan melibatkan 10 peserta didik, sedangkan tahap evaluasi mencakup penilaian produk berdasarkan aspek kevalidan dan kelayakan. (2) Hasil evaluasi kelayakan media Magic Box Animal Plant menunjukkan bahwa validator ahli media memberikan persentase 90%, yang termasuk dalam kategori sangat layak, validator ahli materi memberikan persentase 92% dengan kategori sangat layak, dan validator ahli pembelajaran memberikan persentase 85% yang juga tergolong sangat layak. Sementara itu, analisis respon peserta didik dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengukur tanggapan siswa terhadap media pembelajaran Magic Box Animal Plant.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arif Fajar |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 04:29 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 04:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37677 |
Actions (login required)
View Item |