Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis literasi sains dengan tema klasifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup untuk kelas VII SMP Negeri 4 Jember

Rizki, Alfiatur (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis literasi sains dengan tema klasifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup untuk kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alfiatur Rizki_202101100005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Kata Kunci: Klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup, Literasi Sains, LKPD dan Pembelajaran IPA

Materi IPA dianggap sulit bagi peserta didik salah satunya adalah pada materi klasifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup karena cakupan materinya yang luas. Berdasarkan wawancara, dan analisis kebutuhan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Jember diketahui bahwa pembelajaran dikelas masih menggunakan LKS dan buku paket yang disediakan sekolah. Selain itu pendidik juga membutuhkan bahan ajar lain agar dalam menyampaikan materi klasifikasi makhluk hidup dan tidak hidup sesuai target yang ada didalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui validitas lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis literasi sains dengan tema klasifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup kelas VII SMP Negeri 4 Jember. 2) untuk mengetahui tanggapan atau respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis literasi sains dengan tema klasifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup kelas VII SMP Negeri 4 Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang melalui 9 tahapan yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk. subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Jember. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi ahli bahasa, ahli materi dan ahli media, pendidik serta lembar penilaian respon peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan.
Hasil validasi menunjukkan bahwa 1) LKPD yang dikembangkan berada dalam kategori "sangat layak", dengan nilai presentase 88% dari ahli bahasa, 96% dari ahli materi dan 93,33% dari ahli media. Validasi yang dilakukan oleh pendidik memperoleh nilai presentase 96,33% yang artinya LKPD layak untuk di ujicobakan. 2) Respon peserta didik juga sangat positif dengan skor rata-rata 89,23% untuk uji coba skala kecil dan 88,38% untuk uji coba skala besar yang menunjukkan bahwa LKPD dapat menarik minat dan memotivasi siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis literasi sains dengan tema klasifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup terbukti layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan membantu pendidik dalam menyampaikan materi IPA secara lebih menarik dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ms perpustakaan Alfiatur Rizki
Date Deposited: 13 Dec 2024 07:20
Last Modified: 13 Dec 2024 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37682

Actions (login required)

View Item View Item