Ni'mah, Nazilatul (2024) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X-3 Di SMA Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 221 PAI 2024)
SKRIPSI NAZILATUL NI'MAH.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Nazilatul Ni’mah, 2024 : Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X-3 Di SMA Negeri 5 Jember Tahun 2024/2025.
Kata Kunci : Project Based Learning, Video, Pendidikan Agama Islam
Pembelajaran pada kurikulum merdeka saat ini berpusat pada siswa, untuk itu diperlukan inovasi dalam pendekatan pembelajaran, salah satu inovasi yang dilakukan di SMA Negeri 5 Jember pada tahun pelajaran 2024/2025 adalah model pembelajaran project based learning berbasis video untuk mendorong peserta didik agar lebih aktif dan kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran project based learning berbasis video pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X-3 SMA Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025?, 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran project based learning berbasis video pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X-3 SMA Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025?, 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran project based learning berbasis video pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X-3 SMA Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025?. Adapun tujuan dari dari penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran project based learning berbasis video pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X-3 SMA Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran project based learning berbasis video pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X-3 SMA Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025, 3) Mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran project based learning berbasis video pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X-3 SMA Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data model milik Miles Huberman, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan untuk keabsahan data menggunakan triagulasi sumber dan triagulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah yang pertama adalah tahap perencanaan model pembelajaran project based learning berbasis video ada beberapa langkah yaitu membuat modul ajar yang meliputi merumuskan tujuan pembelajaran, menyiapkan materi pembelajaran, menentukan model pembelajaran. Kemudian yang kedua yaitu tahap pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek menerapkan sintaks yaitu menyiapkan pertanyaan atau penugasan proyek, mendesain perencaan proyek, menyusun jadwal, memonitor kegiatan dan perkembangan proyek dan peserta didik mengevaluasi proyek yang sedang dikerjakan. Hasil temuan yang ketiga adalah evaluasi model pembelajaran project based learning berbasis video siswa melaksanakan penilaian sumatif, dan untuk penilaian formatif dilakukan diawal atau sepanjang proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Nazilatul Ni'mah |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 06:36 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 06:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37686 |
Actions (login required)
View Item |