Magfiroh, Gita (2024) Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Model Pop-Up Book Digital Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan 2 Pancasila Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 226 PAI 2024)
SKRIPSI GITA MAGFIROH 211101010090.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, PowerPoint, Pop-Up Book Digital, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Hadirnya media dalam proses pembelajaran akan menambah daya tarik belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan mempermudah guru dalam memahamkan materi kepada siswa. Pada penelitian ini peneliti mengembangkan produk media pembelajaran PowerPoint model Pop-Up Book Digital pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan 2 Pancasila Jember. Pop-Up Book Digital merupakan media pembelajaran elektronik hasil pengembangan dari software PowerPoint. Pop-Up Book Digital dimodel menjadi media digital yang apabila dioprasikan menampilkan struktur 3 dimensi menyerupai buku.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana tingkat validitas pengembangan media pembelajaran PowerPoint model Pop-Up Book Digital pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan 2 Pancasila Jember? (2) Bagaimana respons guru dan siswa terhadap kepraktisan media pembelajaran PowerPoint model Pop-Up Book Digital pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan 2 Pancasila Jember?
Tujuan penelitian: (1) Mengetahui tingkat validitas pengembangan media pembelajaran PowerPoint model Pop-Up Book Digital pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan 2 Pancasila Jember. (2) Mengetahui respons guru dan siswa terhadap kepraktisan media pembelajaran PowerPoint model Pop-Up Book Digital pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan 2 Pancasila Jember
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tahapan Planning, Production, Evaluation (PPE) yang dikembangkan oleh Richey and Klein. Uji validitas dilakukan oleh tiga validator ahli yaitu, satu validator ahli media pembelajaran dan dua validator ahli materi. Uji respons produk dilakukan kepada guru PAI dan siswa kelas XII Pemasaran tahun 2024-2025. Uji respons siswa skala kecil pada 7 siswa dan uji respons siswa skala besar pada 33 siswa.
Hasil uji validasi ahli media pembelajaran 93,75% dengan kategori “Sangat Valid”, ahli materi dengan rata-rata 98,33% kategori “Sangat Valid”. Hasil uji respons guru mendapat skor 98% kategori “Sangat Menarik”. Hasil uji respons siswa skala kecil mendapat skor 86,90% kategori “Sangat Menarik”, uji respons siswa skala besar mendapat skor 92,31% kategori “Sangat Menarik”. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji respons maka produk Pop-Up Book Digital ini dinyatakan sangat menarik, sangat praktis dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Actions (login required)
View Item |