Fitria, Lailatul (2024) Problematika Pembelajaran IPS DI SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji achmad Siddiq Jember.
Text
LAILATUL FITRIA 205101090016.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
Problematika dalam setiap pembelajaran tentu ada dan sangat beragam seperti halnya dengan problematika pembelajaran IPS di SMP Plus Darus Sholah yaitu dari peserta didik kurang konsentrasi dalam belajar, tidak memperhatikan penjelasan guru, tidur saat proses pembelajaran, materi yang terlalu banyak, kurangnya minat membaca, datang terlambat dan problematika yang lain datang dari pendidik meliputi pendidik IPS mengunakan metode ceramah, pendidik IPS sebagian tidak linier yang memiliki latar belakang dari disiplin ilmu sosial yaitu pendidikan sejarah, pendidikan ekonomi dan Sejarah murni bukan dari Pendidikan IPS. Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan integrasi dari berbagai ilmu sosial. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk-bentuk problematika pembelajaran IPS secara internal di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. 2) Bagaimana bentuk-bentuk problematika pembelajaraan secara ekternal di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan bentuk-bentuk problematika pembelajaran IPS secara internal di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2024/2025. 2) mendeskripsikan bentuk-bentuk problematika pembelajaran IPS di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2024/2025. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus, subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Milles dan Huberman, Saldana. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian yaitu : 1) problematika pembelajaran IPS secara internal di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Kabupaten Jember tahun pelajaran 2024/2025 meliputi : a) peserta didik kurang konsentrasi dalam belajar sehingga kurang memahami materi b) metode pembelajaran yang kurang bervariasi, c) pendidik mengajar berdasarkan buku teks d) pemanfaatan media dan teknologi yang kurang maksimal e) kualifikasi pendidik IPS dari satu disiplin ilmu sosial (bukan Pendidikan IPS) f) perubahan kurikulum.
2) problematika pembelajaran IPS secara ekternal di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Kabupaten Jember tahun pelajaran 2024/2025 yaitu lingkungan pesantren dan lingkungan keluarga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Lailatul Fitria |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 01:28 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 01:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37691 |
Actions (login required)
View Item |