INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP PLUS ISTIQOMAH AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Firdaus, Rifkal (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP PLUS ISTIQOMAH AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rifkal Firdaus_202101090068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pelajaran IPS adalah penyederhanaan atau adaptasi dari disipilin ilmu-ilmu sosial dan humaniora, IPS di sekolah pada dasarnya bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik sebagai warga negara yang baik. Akan tetapi pelajaran IPS belum dapat membawa generasi muda yang berkualitas secara intelektual, dan moral serta kehidupan yang baik di masyarakat, melihat IPS adalah pendidikan nilai, multikultural, dan global akan tetapi belum bisa dilakukan secara optimal. Hal ini menjadikan nilai islam sangat penting diinternalisasikan pada pelajaran IPS yakni berupa nilai syariah, iman atau tauhid, ibadah, moral, dan keteladanan yang melalui tahap transformasi, transaksi, dan tahap transinternalisasi.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana transformasi nilai-nilai islam pada nilai moral dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Plus Istiqomah Ambulu Jember Tahun pelajarn 2023/2024? 2) Bagaimana transaksi nilai-nilai islam pada nilai syariah dan ibadah dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Plus Istiqomah Ambulu Jember Tahun pelajarn 2023/2024? 3) Bagaimana transinternalisasi nilai-nilai islam pada nilai keteladanan dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Plus Istiqomah Ambulu Jember Tahun pelajarn 2023/2024?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian selanjutnya menggunakan responsif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Milles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Tahap transformasi nilai-nilai islam pada nilai moral dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan Sosial di SMP Plus Istiqomah Ambulu Jember dilakukan dengan guru menyampaikan nilai-nilai islam pada pembelajaran IPS. 2) Tahap transaksi niali-nilai islam pada nilai ibadah dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Plus Istiqomah Ambulu Jember dilakukan ketika pada pembelajaran terdengar suara adzan maka guru menghentikan pembelajaran dan memerintahkan, mengajak siswa ke mushola untuk melaksanakan sholat dzuhur berjama’ah. 3) Tahap transinternalisasi niali-nilai islam pada nilai keteladanan dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan Sosial di SMP Plus Istiqomah Ambulu Jember berupa kebiasaan siswa berdo’a sebelum pembelajaran di mulai selain itu juga dilakukan penerapan 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun) dilakukan ketika pembelajaran selesai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: internalisasi, nilai-nilai islam, pelajaran IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Rifkal Firdaus
Date Deposited: 16 Dec 2024 07:17
Last Modified: 16 Dec 2024 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37717

Actions (login required)

View Item View Item