Implementasi Strategi Rotating Review dalam Mengatasi Interferensi Proaktif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurut Taqwa Balak Songgon Banyuwangi.

ARDIYAN WAHYU HARIANTO, - (2021) Implementasi Strategi Rotating Review dalam Mengatasi Interferensi Proaktif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurut Taqwa Balak Songgon Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Ardiyan Wahyu Hariyanto_T20171125.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ardiyan Wahyu Hariyanto, 2021: Implementasi Strategi Rotating Review dalam Mengatasi Interferensi Proaktif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurut Taqwa Balak Songgon Banyuwangi. Kata kunci: Strategi Rotating Review, Interferensi Proaktif, Pendidikan Agama Islam Interferensi proaktif adalah gangguan yang disebabkan oleh materi yang lebih dulu dipelajari mengganggu materi yang kemudian hari ingin dipelajari dan ini dapat menimbulkan kelupaan. Keberhasilan belajar siswa dapat tercapai, salah satunya terlihat dari segi upaya ataupun peran guru dalam mengatasi hambatan-hambatan maupun gangguan yang dialami siswa. Seperti strategi pembelajaran rotating review yang dipakai oleh guru dalam mengatasi interferensi proaktif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Nurut Taqwa Balak Songgon Banyuwangi. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan Strategi rotating review dalam mengatasi Interferensi Proaktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X AKL 3 di SMK Nurut Taqwa Balak Songgon Banyuwangi? 2) Bagaimana interferensi proaktif siswa dengan menggunakan Strategi rotating review pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X AKL 3 di SMK Nurut Taqwa Balak Songgon Banyuwangi? 3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung guru dalam mengatasi Interferensi Proaktif dengan menggunakan Strategi rotating review pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X AKL 3 di SMK Nurut Taqwa Balak Songgon Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan Strategi rotating review dalam mengatasi Interferensi Proaktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X AKL 3 di SMK Nurut Taqwa Balak Songgon Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan interferensi proaktif siswa dengan menggunakan Strategi rotating review pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X AKL 3 di SMK Nurut Taqwa Balak Songgon Banyuwangi. 3) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung guru dalam mengatasi Interferensi Proaktif dengan menggunakan Strategi rotating review pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X AKL 3 di SMK Nurut Taqwa Balak Songgon Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian kasus. Subyek penelitian ini menggunakan teknik pusposive. Adapun teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi langsung, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Pelaksanaan strategi rotating review dalam mengatasi interferensi proaktif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X AKL 3 melalui beberapa tahap antara lain: tahap perencanaan yaitu penyusunan Renacana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tahap pelaksanaan yaitu penerapan strategi, metode, dan teknik di lapangan, serta tahap penilaian yaitu penilaian autentik (authentic assesment) dilakukan dengan praktik membaca Al-Qur’an secara langsung, penilaian formatif dilakukan setelah materi dalam satu bab telah selesai, dan penilaian sumatif dilakukan ketika Ujian Akhir Semester. 2) Interferensi proaktif yang dialami oleh siswa dengan menggunakan strategi rotating review pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dikategorikan antara lain: makharijul huruf (cara pengucapan), fungsi tanda baca/syakal, pemahaman ilmu tajwid, gharibul qur’an (kalimat samar), dan kelancaran bacaan Al-Qur’an. 3) Faktor pendukung guru PAI dalam mengatasi interferensi proaktif siswa dengan menggunakan strategi rotating review berasal dari faktor internal meliputi upaya siswa membuat orat-oretan (catatan) dan strategi guru yang relevan (rotating review) serta faktor eksternalnya meliputi kegiatan pembiasaan rutinitas pra-pembelajaran dan kegiatan extrakulikuler TPQ. Sedangkan faktor penghambat guru juga berasal dari faktor internal yaitu kepribadian siswa yang masih labil dan faktor eksternalnya yaitu terbatasnya waktu (jam pelajaran).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Mar 2022 08:00
Last Modified: 21 Mar 2022 08:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3772

Actions (login required)

View Item View Item