Pengembangan Quartet Card Berbasis Augmented Reality (AR) pada Materi Tata Surya Kelas VII di SMP Negeri 1 Rambipuji Jember

Rahmawati, Alfiana (2024) Pengembangan Quartet Card Berbasis Augmented Reality (AR) pada Materi Tata Surya Kelas VII di SMP Negeri 1 Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alfiana Rahmawati_202101100006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Kata Kunci: Augmented Reality, Media, Quartet Card, dan Sistem Tata Surya

Materi IPA di tingkat SMP/MTs yang dianggap sulit salah satunya adalah materi tata surya karena materinya yang bersifat abstrak dan kompleks. Berdasarkan wawancara dan angket kebutuhan peserta didik kelas VII A SMPN 1 Rambipuji diketahui bahwa pembelajaran masih menggunakan LKS dan buku paket yang disediakan sekolah saja sehingga peserta didik membutuhkan media penunjang lain dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi juga menunjukkan kurangnya fasilitas pendukung seperti LCD proyektor sehsehingga pembelajaran hanya bertumpu pada buku paket dan LKS.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui validitas quartet card berbasis augmented reality pada materi sistem tata surya kelas VII di SMP Negeri 1 Rambipuji. 2) Untuk mengetahui tanggapan atau hasil respon siswa terhadap media quartet card berbasis augmented reality pada materi sistem tata surya kelas VII di SMP Negeri 1 Rambipuji.

Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yang terdiri dari Analyze (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Penerapan), and Evaluate (Evaluasi). Penelitian ini terbatas pada tahap evaluasi formatif dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli materi, validator ahli media, validator pengguna, dan peserta didik. Subjek uji respon skala kecil dilakukan pada 8 peserta didik kelas VII A dan skala besar sebanyak 32 peserta didik kelas VII A. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan.

Hasil validasi menunjukkan bahwa 1) Media quartet card berbasis augmented reality yang dikembangkan berada dalam kategori "sangat layak", dengan nilai presentase 92% dari ahli materi dan 93,6% dari ahli media serta validasi yang dilakukan oleh pendidik memperoleh nilai presentase 100% yang artinya media quartet card berbasis augmented reality layak untuk di uji cobakan. 2) Respon peserta didik juga sangat positif dengan skor rata-rata 94,3% untuk uji coba skala kecil dan 95,5% untuk uji coba skala besar yang menunjukkan bahwa media quartet card berbasis augmented reality sangat menarik untuk pembelajaran serta media yang dikembangkan dapat menumbuhkan semangat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020108 Planetary Science (excl. Extraterrestrial Geology)
02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020109 Space and Solar Physics
02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020110 Stellar Astronomy and Planetary Systems
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080111 Virtual Reality and Related Simulation
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080199 Artificial Intelligence and Image Processing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Alfiana Rahmawati
Date Deposited: 16 Dec 2024 02:10
Last Modified: 16 Dec 2024 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37728

Actions (login required)

View Item View Item