Nafilah, - (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di MA Sumber BungurPakong Pamekasan pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.
Text
Nafilah_T20178016.pdf Download (12MB) |
Abstract
Nafilah, 2021: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di MA Sumber BungurPakong Pamekasan pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Model Pembelajaran jigsaw, media flashcard, hasil belajar Model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media flashcard merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kelompok kecil yang dapat bekerja sama dan memiliki tanggung jawab secara mandiri dengan bantuan media flashcard. Media flashcard ini digunakan sebagai alat bantu untuk mempermudah siswa memahami materi yang akan digunakan oleh semua siswa. Karena masih banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM, pasif dalam pembelajaran serta keterlibatan siswa pada saat pembelajaran masih rendah, maka dengan penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media flashcard diharapkan siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas XI IPA di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada materi sistem ekskresi manusia tahun pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas XI IPA di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media flashcard pada materi sistem ekskresi manusia tahun pelajaran 2020/2021? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan pada materi sistem ekskresi manusia tahun pelajaran 2020/2021? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji Mann-Whitney karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 74,99 dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,26 yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar pada kategori rendah; 2) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 86,47 dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,64 yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar pada kategori sedang; 3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan pada materi sistem ekskresi manusia tahun pelajaran 2020/2021 dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 08:02 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 08:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3773 |
Actions (login required)
View Item |