Rohmah, Wahidatul (2024) Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi gaya dan hukum newton peserta didik kelas VIII SMP "LAB" Jenggawah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Wahidatul Rohmah_T201910025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Wahidatul Rohmah,2024: Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi Gaya dan Hukum Newton Peserta Didik Kelas VIII SMP “LAB” Jenggawah
Kata Kunci : Berpikir Tingkat Tinggi, Gaya dan Hukum Newton
Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan proses yang tidak sekedar menghafal dan menyampaikan kembali informasi yang diketahui. Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan kemampuan menghubungkan, memanipulasi, dan mentransformasi pengetahuan serta kemampuan yang sudah dimiliki untuk berpikir tingkat tinggi dan keratif dalam upaya memnentukan keputusan dan memecahkan masalah pada situasi yang baru maupun dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal dengan tingkat kognitif yang tinggi dan ketika proses belajar mengajar berlangsung masih ada peserta didik yang kurang aktif. Ketika pendidik memberi pertanyaan kepada peserta didik, tidak ada yang berani untuk menyampaikan pendapat karena masih kurang mampu dalam menghubungkan pemahaman dalam menyelesaikan masalah sehingga mereka masih kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat..
Fokus Penelitian ini yaitu 1) Bagaimana kemampuan peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi pada materi Gaya dan Hukum Newton peserta didik kelas VIII SMP “ LAB “ Jenggawah?, 2) Bagaimana kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal hots pada materi Gaya dan Hukum Newton kelas VIII di SMP “LAB” Jenggawah?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi Gaya dan Hukum Newton peserta didik kelas VIII SMP “ LAB” Jenggawah. 2) Untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal hots pada materi Gaya dan Hukum Newton.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa angket/soal essay dan instrumen wawancara. Penelitian dilakukan secara langsung pada tanggal 26 Februari – 18 Maret 2024 di SMP “LAB” Jenggawah. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII, sampel yang diambil 20 peserta didik kelas VIII. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan memberikan intrument soal-soal HOTS kepada peserta didik maka hasil dari soal-soal Kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi Gaya dan Hukum Newton peserta didik kelas VIII di SMP “LAB” Jenggawah masih rendah karena peserta didik juga mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal HOTS. Kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal HOTS ini disebabkan oleh rendahnya pemahaman konsep akibat dampak pembelajaran daring saat pandemi, kebiasaan belajar yang kurang mendukung, serta rendahnya motivasi belajar dan keterampilan berpikir analitis. Minimnya pembiasaan soal HOTS dan penerapan metode pembelajaran interaktif juga menjadi kendala.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Wahidatul Rohmah |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 01:09 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 01:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37731 |
Actions (login required)
View Item |