Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Educandy dan Lynk.id pada Pembelajaran Matematika dalam Materi Bilangan Cacah sampai 10.000 Kelas IV di MIN 3 Jember

Laily, Hidayatul (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Educandy dan Lynk.id pada Pembelajaran Matematika dalam Materi Bilangan Cacah sampai 10.000 Kelas IV di MIN 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI BENAR HIDAYATUL LAILY_201101040020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Pembelajaran matematika yang efektif dan efisien perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang menarik perhatian peserta didik. Namun faktanya, berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti guru jarang sekali menggunakan media pembelajaran, guru lebih sering menggunakan LKS dalam proses pembelajaran berlangsung. Hal ini justru membuat peserta didik merasa jenuh dan bosan. Maka dari itu perlu adanya strategi agar proses pembelajaran itu menyenangkan. Salah satunya dengan menggunkan media saat pembelajaran berlangsung. Peneliti mengemukakan idenya yaitu mengkombinasikan game edukasi yang mana dapat mengurangi rasa bosan dan rasa jenuh pada peserta didik, salah satu media pembelajaran berbasis game edukasi yang dapat diterapkan adalah media pembelajaran educandy dan lynk.id. Rumusan masalah dari tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimana validitas pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis educandy dan lynk.id pada pembelajaran matematika dalam materi bilangan cacah sampai 10.000 kelas IV di MIN 3 Jember? (2) Bagaimana kepraktisan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis educandy dan lynk.id pada pembelajaran matematika dalam materi bilangan cacah sampai 10.000 kelas IV di MIN 3 Jember? (3)Bagaimana keefektivitasan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis educandy dan lynk.id pada pembelajaran matematika dalam materi bilangan cacah sampai 10.000 kelas IV di MIN 3 Jember? Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan model pengembangan ADDIE, pada model ini memiliki lima tahapan yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket (kuisioner), dan lembar soal tes. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan yaitu (1) berdasarkan uji validasi kelayakan media, hasil dari kelayakan media ini yaitu validasi dari ahli media mendapatkan hasil sebesar 97,5%, Validasi ahli materi sebesar 97,5%, dan validasi dari ahli pembelajaran yaitu sebesar 95% dengan kategori sangat layak. (2) kepraktisan penggunaan media pembelajaran educandy dan lynk.id diketahui dari hasil pengisian angket respon peserta didik dengan hasil presentase 82,13% dengan kategori sangat layak. (3) Keefektivitasan penggunaan media educandy dan lynk.id diukur menggunakan pretest dan posttest pada penelitian ini mengalami peningkatan 12,8% Kata Kunci: Media, Educandy, Lynk.id, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Hidayatul Laily
Date Deposited: 17 Dec 2024 02:08
Last Modified: 17 Dec 2024 02:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37732

Actions (login required)

View Item View Item