Ramadhanti, Irmadiyah (2024) Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Lynk.id dan Educaplay pada Pembelajaran Matematika dalam Materi Satuan Panjang Kelas III di MIN 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI BENAR IRMADIYAH RAMADHANTI_201101040026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang berada pada era industry 5.0 membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Untuk memicu minat serta membantu peserta didik dalam materi pembelajaran matematika, diperlukan adanya media pembelajaran. Namun faktanya, berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti guru jarang sekali menggunakan media pembelajaran. Hal ini justru membuat peserta didik merasa jenuh dan bosan. Oleh sebab itu, perlu adanya strategi agar proses pembelajaran itu menyenangkan. Salah satunya dengan menggunakan media pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Peneliti Mengemukakan idenya yaitu mengkombinasikan game edukasi untuk mengurangi rasa bosan dan rasa jenuh pada peserta didik yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Lynk.Id dan Educaplay. Pada pengembangan media pembelajaran Lynk.Id dan Educaplay memiliki beberapa rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran Lynk.Id dan Educaplay pada pembelajaran matematika dalam materi satuan panjang kelas III di MIN 3 Jember? (2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis Lynk.Id dan Educaplay pada pembelajaran matematika dalam materi satuan panjang kelas III di MIN 3 Jember? (3) Bagaimana keefektifitasan pengembangan media pembelajaran berbasis Lynk.Id dan Educaplay pada pembelajaran matematika dalam materi satuan panjang kelas III di MIN 3 Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan produk, kelayakan dan keefektifitasan media pembelajaran berbasis Lynk.Id dan Educaplay pada pembelajaran matematika dalam materi satuan panjang kelas III di MIN 3 Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan model pengembangan ADDIE milik Robert Maribe Branch, yang mana pada model ini memiliki lima tahapan yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Untuk teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket (kuisioner),dan lembar soal tes. Hasil Penelitian dan pengembangan ini menunjukkan yaitu (1) Pengembangan media pembelajaran menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. (2) Kelayakan penggunaan media pembelajaran Lynk.Id dan Educaplay dapat diketahui dari hasil pengisian angket respon peserta didik dengan hasil presentase 90,6% dengan kategori sangat layak. (3) keefektivtasan penggunaan media Lynk.Id dan Educaplay diukur menggunakan pretest dan posttest pada penelitian ini mengalami peningkatan 14,9%.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Educaplay, Lynk.Id, Pembelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Irmadiyah Ramadhanti |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 02:12 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 02:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37733 |
Actions (login required)
View Item |