Pengembangan Media Penyaringan Air Dalam Pembelajaran Tematik Bagi Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Tegalpare Tahun Pelajaran 2020-2021”

INDAH NUR LAILI, RAHMATI (2021) Pengembangan Media Penyaringan Air Dalam Pembelajaran Tematik Bagi Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Tegalpare Tahun Pelajaran 2020-2021”. Undergraduate thesis, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Indah Nur Laili Rahmati_T20174094.pdf

Download (6MB)

Abstract

Indah Nur Laili Rahmati, 2021 : “Pengembangan Media Penyaringan Air Dalam Pembelajaran Tematik Bagi Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Tegalpare Tahun Pelajaran 2020-2021”. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Penyaringan Air, Siklus Air, Kelas V MI Miftahul Huda Penelitian pengembangan media pembelajaran penyaringan air ini dilatar belakangi oleh belum adanya media pembelajaran yang khusus untuk mata pelajaran IPA khususnya pada materi Siklus Air di MI Miftahul Huda Tegalpare. Selain itu, permasalahan yang mendasar dilakukannya penelitian pengembangan media penyaringan air ini adalah untuk mendaur ulang bahan-bahan yang sudah tak terpakai lagi dengan mengusung konsep bahan-bahan yang digunakan dalam produksi media penyaringan air ini berasal dari bahan-bahan yang sudah tidak terpakai lagi. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan media pembelajaran penyaringan air pada mata pelajaran IPA materi siklus air di MI Miftahul Huda tegalpare, 2) Menjelaskan hasil kevalidan media pembelajaran penyaringan air materi Siklus Air di MI Miftahul Huda Tegalpare, 3) Menjelaskan hasil kemenarikan media pembelajaran penyaringan air materi Siklus Air di MI Miftahul Huda Tegapare. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan dua jenis data, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model penelitian ADDIE dengan lima langkah pengembangannya yaitu : 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi Hasil penelitian pengembangan media penyaringan air dengan menggunakan model ADDIE telah memenuhi kriteria valid dari uji coba beberapa ahli. Hasil uji coba ahli media menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 95%, ahli materi mencapai kevalidan 100%, dan ahli pembelajaran mencapai kevalidan 90%. Dari keseluruhan presentase oleh validasi para hali tersebut, maka dapat dihitung presentase rata-rata kevalidan media penyaringan air berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran yaitu sebesar 95% dengan kualifikasi valid dan layak digunakan. Sedangkan hasil uji coba pengguna menunjukkan tingkat kemenarikan oleh peserta didik mencapai 77.7%. Sehingga dapat dikualifikasikan bahwa media penyaringan air yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak serta tidak perlu direvisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:55
Last Modified: 23 Mar 2022 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3774

Actions (login required)

View Item View Item