Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam melalui Metode Pembiasaan dan Keteladanan di MTs Atthohiriyah Mayang Kabupaten Jember.

MOCH. FEBRI ALI RACHBINI, - (2021) Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam melalui Metode Pembiasaan dan Keteladanan di MTs Atthohiriyah Mayang Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
MOCH. FEBRI ALI RACHBINI_T20151277.pdf

Download (20MB)

Abstract

Moch. Febri Ali R, 2020: Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam melalui Metode Pembiasaan dan Keteladanan di MTs Atthohiriyah Mayang Kabupaten Jember. Pendidikan agama Islam adalah usaha sadar yang dilakukan pendidik dalam mempersiapkan peserta didik untuk meyakini, memahami, dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, atau pelatihan yang telah direncanakan. Penanaman nilai-nilai agama Islam yang dilaksanakan di Mts Atthohiriyah Mayang Kabupaten Jember melalui pembiasaan dan keteladanan seperti dalam kegiatan tadarus Al-Qur’an sebelum pembelajaran berlangsung, pembiasaan shalat dhuha berjamaah, shalat duhur berjamaah termasuk shalat jumat, program kegiatan di bidang sosial seperti pelaksanaan kurban, shadaqoh dan infak. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penanaman nilainilai aqidah, ibadah dan akhlak di lingkungan MTs Atthohiriyah Mayang Kabupaten Jember? (2) Bagaimana guru dalam memberi pembiasaan dan keteladanan kepada siswa MTs Atthohiriyah Mayang Kabupaten Jember?. Adapun tujuan penulisan dalam skripsi ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai aqidah, ibadah dan akhlak di lingkungan MTs Atthohiriyah Mayang Kabupaten Jember. (2) Untuk mendeskripsikan guru dalam memberi pembiasaan dan keteladanan kepada siswa MTs Atthohiriyah Mayang Kabupaten Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan field research. Subjek Penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dari Miles dan Huberman. Keabsahan data yang di uji menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi data. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu: (1) Penanaman nilai-nilai aqidah, ibadah dan akhlak di lingkungan MTs Atthohiriyah Mayang Kabupaten Jember meliputi: Penanaman yang paling utama adalah menanamkan nilai-nilai keagamaan tentang aqidah, ibadah, dan akhlak kepada anak ditanamkan dari sejak sedini mungkin. Dengan adanya kerja sama dari seluruh warga sekolah, maka pembinaan akhlak, ibadah, dan aqidah kepada para siswa dapat berjalan dengan baik dan dapat meminimalisir kenakalan dari para siswa. (2) Guru dalam memberi pembiasaan dan keteladanan kepada siswa MTs Atthohiriyah Mayang Kabupaten Jember meliputi: Pembiasaan dan keteladanan yang dilakukan guru dapat berpengaruh besar terhadap pembentukan karakter siswa. Setiap kegiatan yang diprogramkan di sekolah selain dilaksanakan oleh siswa, juga harus dicontohkan oleh guru, tutur kata dijaga dengan baik karena itu semua gambaran dari diri yang dianutnya terutama guru yang jadi sorotan pandangan terbaiknya bagi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 29 Mar 2022 08:30
Last Modified: 29 Mar 2022 08:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3775

Actions (login required)

View Item View Item