Zulfiana, Nanda Harisma (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Elektronik Berbasis Keterampilan Abad 21 Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh untuk Siswa Kelas XI MIPA di MAN 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nanda Harisma Zulfiana _202101080022 (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nanda Harisma Zulfiana, 2024: Pengembangan Modul Pembelajaran Elekronik Berbasis
Keterampilan Abad 21 Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh untuk Siswa Kelas XI MIPA di
MAN 1 Jember
Kata Kunci: Modul Pembelajaran Elektronik, Keterampilan Abad 21, Materi sistem pertahanan
tubuh.
Sistem pertahanan tubuh termasuk materi yang sulit dan membutuhkan tingkat
pemahaman yang mendalam. Berdasarkan hasil nilai harian materi sistem pertahanan tubuh MAN
1 Jember pada tahun sebelumnya menunjukkan bahwa rata-rata nilai biologi pada pokok bahasan
sistem pertahanan tubuh masih rendah dengan persentase rata-rata sebesar 75,6%. Hal tersebut
menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran belum tercapai secara maksimal. Hasil observasi
menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran peserta didik menggunakan bahan ajar baik buku
cetak, LKPD maupun modul pembelajaran namun, masih belum memenuhi tujuan pembelajaran.
Permasalahan terjadi dalam kegiatan pembelajaran yaitu kurang efektifnya bahan ajar yang
digunakan. Pemilihan bahan ajar yang tepat perlu memperhatikan beberapa aspek yaitu, kondisi,
karakter peserta didik, keterbatasan, dan tujuan pembelajaran. Penggunaan modul pembelajaran
elektronik berbasis keterampilan abad 21 sebagai bahan ajar memiliki keunggulan yakni
meningkatkan hasil belajar, mengasah kemampuan keterampilan abad 21, kemampuan belajar,
memudahkan memperoleh informasi dan membantu memahami konsep materi sistem pertahanan
tubuh.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kevalidan modul
pembelajaran elektronik berbasis keterampilan abad 21 pada materi sistem pertahanan tubuh untuk
siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember?. 2) Bagaimana respon siswa terhadap modul
pembelajaran elektronik berbasis keterampilan abad 21 pada materi sistem pertahanan tubuh untuk
siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember?. 3) Bagaimana Keefektivan modul pembelajaran
elektronik berbasis keterampilan abad 21 pada materi sistem pertahanan tubuh untuk siswa kelas
XI MIPA di MAN 1 Jember?. Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kevalidan
pengembangan modul pembelajaran elektronik berbasis keterampilan abad 21 pada materi sistem
pertahanan tubuh untuk siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember. 2) Mendeskripsikan respon siswa
terhadap pengembangan modul pembelajaran elektronik berbasis keterampilan abad 21 pada
materi sistem pertahanan tubuh untuk siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember. 3)
Mendeskripsikan keefektivan penggunaan modul pembelajaran elektronik berbasis keterampilan
abad 21 pada materi sistem pertahanan tubuh untuk siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE
yang meliputi 5 tahapan yaitu tahap Analysis (analisis), Design (perancangan), Development
(pengembangan), Implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Populasi penelitian
ini adalah siswa kelas XI MIPA MAN 1 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni
observasi, wawancara, kuisioner/angket, dan tes.
Hasil dari penelitian ini: 1) Hasil validasi dari ahli materi diperoleh rata-rata persentase
sebesar 84% dengan kriteria valid. Hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata persentase sebesar
97% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli soal dan evaluasi diperoleh rata-rata
persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi praktisi diperoleh rata rata
persentase sebesar 92% dengan kriteria sangat valid. 2) Hasil uji coba skala kecil terhadap modul
elektronik diperoleh rata-rata persentase sebesar 92% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji
coba skala besar memperoleh rata-rata persentase sebesar 89,75% dengan kriteria sangat praktis.
3) Hasil uji keefektivan menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,00
< 0,05 sehingga bahan ajar modul pembelajaran elektronik efektif digunakan peserta didik dalam
proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1107 Immunology > 110701 Allergy 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1107 Immunology > 110703 Autoimmunity 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1107 Immunology > 110705 Humoural Immunology and Immunochemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | MS. Nanda Harisma Zulfiana |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 03:36 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 03:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37751 |
Actions (login required)
View Item |