Pengembangan Media Pembelajaran Papan Magnet Materi Rantai Makanan Kelas V pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif (MIMA) Condro Jember

Amin, Syahidan Ikhzan (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Papan Magnet Materi Rantai Makanan Kelas V pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif (MIMA) Condro Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FINAL SYAHIDAN IKHZAN__.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pengembangan media papan magnet materi rantai makanan pada
pembelajaran IPAS merupakan suatu alat bantu berupa media berbentuk papan
magnet yang bisa digunakan oleh guru dan peserta didik untuk proses pembelajaran
IPAS. Pada Kegiatan pembelajaran khususnya di kelas VB MIMA Condro Jember
disini guru cenderung berpacu pada buku paket. Namun disini guru juga
memanfaatkan alam sekitar sebagai media pembelajaran. Maka dari itu perlu
dikembangkannya media pembelajaran papan magnet materi rantai makanan pada
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), dengan tujuan agar siswa
lebih tertarik untuk belajar dan pembelajaran menjadi lebih aktif dan tersampaikan
pada peserta didik.
Rumusan masalah dalam skripsi adalah: Berdasarkan latar belakang tersebut,
maka rumusan masalah disusun sebagai berikut: 1) Bagaimana desain
pengembangan media pembelajaran papan magnet materi rantai makanan? 2)
Bagaimana kevalidan media pembelajaran papan magnet materi rantai makanan?. 3)
Bagaimana kepraktisan media pembelajaran papan magnet materi rantai makanan?.
Adapun tujuan dalam skripsi adalah: 1) Untuk menghasilkan produk yang berupa
media pembelajaran papan magnet materi rantai makanan. 2) Untuk menguji
kevalidan media pembelajaran papan magnet materi rantai makanan.3) Bagaimana
kepraktisan media pembelajaran papan magnet materi rantai makanan?.
Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang
terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development
(pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi).Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan
dokumentasi.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Media Pembelajaran Papan Magnet
berupa media pembelajaran visual yang terbuat dari papan yang dilapisi logam dan
didesain menarik. 2) Hasil validasi media pembelajaran papan magnet materi rantai
makanan mendapatkan hasil ahli materi 92 % dan Ahli Media 88 %, . 3) Hasil
Kepraktisan media pembelajaran papan magnet menurut hasil respon peserta didik
mendapatkan hasil 94,76%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran papan magnet materi rantai makanan pada pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) menurut kriteria dan ketentuan sangat valid
dan sangat praktis, sehingga media tersebut dapat diterapkan atau digunakan pada
proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahidan Ikhzan Amin
Date Deposited: 16 Dec 2024 06:17
Last Modified: 16 Dec 2024 06:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37775

Actions (login required)

View Item View Item