mplementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Senduro

NUR HIKMAH, - (2021) mplementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Senduro. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruann Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Nur Hikmah_T20171202.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nur Hikmah, 2021, Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Senduro. Kata kunci : Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti. Latar bekang penelitian ini adalah pada situasi seperti saat ini yaitu pendidikan dilaksanakan tidak dengan tatap muka seperti biasanya. Maka pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Senduro Lumajang harus tetap terlaksanakan dengan maksimal, hal ini dapat dipengaruhi oleh pendidik, yang mana pendidik harus mampu merancang proses pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai metode dan media yang dianggap tepat. Oleh karena itu pendidik melaksanakan proses pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan pembelajaran daring dengan tujuan agar pembelajaran dapat tetap efektif. Tujuan pelilitian adalah mendiskripsikan Implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Senduro Lumajang. Fokus penelitian: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Senduro Lumajang? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di Sekolah menengah pertama Negeri 2 Senduro Lumajang? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Senduro Lumajang? Penelitian ini menggunakan pendektan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian (metode Survey) dan menggunakan teknik pengumpulan data : Observasi partisipasi pasif, Wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan ada dua macam: Triangulasi sumber dan dan Triangulasi teknik. Semua data terkumpul; kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penyusunan perencanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Senduro Lumajang yaitu silabus dan RPP. Perencanaan pembelajaran dalam perangkat RPP dibuat dengan menentukan kondisi dan situasi pada peserta didik. RPP yang dibuat sesuai dengan prosedur dari pemerintah yaitu menggunakan kurikulum 13. 2) Pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan Islam dan budi pekerti Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Senduro Lumajang, pelaksanaannya guru menggunakan aplikasi whatsapp. Dalam penyampaian materi guru mengirim materi berupa foto atau file teks, bahkan berupa vidio atau audio rekaman. 3) Pada evaluasi pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Senduro Lumajang menggunakan tes tulis dan tes unjuk kerja yang dilaksankan pada saat ulangan harian, ulang tengah semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:36
Last Modified: 19 Apr 2022 01:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3779

Actions (login required)

View Item View Item