Pengaruh Model Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dinamika Penduduk Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tamanan Tahun Pelajaran 2023/2024

Abidah, Afiratul (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dinamika Penduduk Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tamanan Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi_Afira 202101090035 Watermak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran Card Sort diharapkan dapat membantu peserta didik untuk lebih aktif dan partisipatif dalam mengikuti proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penerapan model Card Sort yang dapat melatih peserta didik dalam berlomba untuk menyelesaikan menjawab pertanyaan yang sudah di sediakan untuk merangsang peserta didik agar dapat berfikir lebih efektif dan kritis.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: adakah pengaruh model pembelajaran Card Sort terhadap hasil belajar peserta didik materi dinamika penduduk mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 1 Tamanan tahun pelajaran 2023/2024? Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Card Sort terhadap hasil belajar peserta didik materi dinamika penduduk mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 1 Tamanan tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan jenis Nonequivalent control group design. Populasi yang diambil dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 peserta didik dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pertimbangan yang dilakukan dalam pengambilan sampel ini berdasarkan hasil nilai akhir sumatif peserta didik yang hampir sama.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil belajar pretest model Card Sort diperoleh nilai rata-rata 62 dan posttest hasil belajar diperoleh nilai rata-rata 90. Kenaikan hasil belajar pretest dan posttest sejumlah 32. Perbedaan tersebut diperkuat dengan hasil analisis dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan sebelumnya oleh peneliti dengan menggunakan uji T yaitu independent Sample T-test yang mana hasil analisis tersebut diperoleh nilai sig(2 tailed) yaitu sebesar 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai sig(2 tailed) <0,05 atau 0,000<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Card Sort terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Tamanan Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Afiratul Abidah
Date Deposited: 17 Dec 2024 01:45
Last Modified: 17 Dec 2024 01:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37795

Actions (login required)

View Item View Item