Maqhfira Agustin, Nadilla Aleyda (2024) Transformasi Layanan Kafetaria "Melalui Konsep Green Clean Beautiful" Di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Nadilla Aleyda Maqhfira Agustin_211101030040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Layanan kafetaria merupakan salah satu layanan yang menunjang proses kelancaran belajar di sekolah. Melalui berbagai macam inovasi yang diterapkan sekolah untuk menjaga kelestarian lingkungan. Oleh sebab itu, Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Lumajang kini telah melakukan transformasi. Salah satunya ialah transformasi layanan kafetaria melalui konsep green clean beautiful. Konsep ini merupakan salah satu konsep yang direncanakan oleh Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Lumajang guna untuk memperbaiki kualitas layanan kafetaria agar terciptanya lingkungan hijau, bersih, dan indah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana layanan kafetaria sebelum masa transformasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Lumajang, bagaimana layanan kafetaria sesudah melalui konsep Green Clean Beautiful di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Lumajang, bagaimana efektivitas transformasi layanan kafetaria melalui konsep Green Clean Beautiful di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Lumajang. Dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan layanan kafetaria sebelum masa transformasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Lumajang, untuk mendeskripsikan layanan kafetaria sesudah melalui konsep Green Clean Beautiful di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Lumajang, untuk mendeskripsikan efektivitas transformasi layanan kafetaria melalui konsep Green Clean Beautiful di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Lumajang.
Penelitian ini adalah penelitian mix methods (metode campuran), yaitu pendekatan penelitian yang mengkombinasikan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu Sequential Explanatory. Dalam penelitian ini menggunakan dua jenis data, data kuantitatif yaitu menggunakan angket (kuisioner) sedangkan data kualitatif menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh Kesimpulan Berdasarkan hasil uji paired sample t-test menyatakan bahwa nilai probabilitas (sigs) ialah 0,000 dan nilai taraf signifikan sebesar 0,05. Maka 0,00 < 0,05 Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan, hal ini terbukti efektiv terdapat transformasi layanan kafetaria melalui konsep green clean beautiful di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Lumajang.
Layanan kafetaria sebelum transformasi menunjukkan masih melihat staff melayani diluar jam istirahat, sanitasai secara tidak berlaku, belum bisa menampung ¾ peserta didik, tidak dijumpai poster-poster kampanye makanan sehat, wadah makanan menggunakan kantong plastik, terdapat makanan berat berbagai variasi dengan penyajian hangat, kerap dijumpai sampah plastik, belum ada lukisan kreativitas peserta didik, tidak diketahui peraturan bagi distibutor makanan, dan kurang dibiasakan mencuci tangan ketika masuk kafetaria.
Layanan kafetaria sesudah transfromasi menunjukkan bahwasannya staff hanya melayani pada jam istirahat saja, terdapat sanitasi berkelanjutan, pengawasan sanitasi secara berkala, bisa menampung ¾ peserta didik, tidak terdapat makanan penyajian hangat, dijumpai poster poster kampanye makanan sehat, kegiatan rutin staff memilah bahan baku segar, mengetahui peraturan bagi distributor makanan, sudah konsisten tanpa 3P (Pengawet, Pemanis, dan Pewarna), bebas dari sampah plastik, pembiasaan hidup bersih dan sehat (PHBS), karya kreativitas sudah menghiasai halaman sekolah, dan tanaman, bunga, pohon terletak di lingkungan sekitar kafetaria.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nadilla Aleyda Maqhfira Agustin |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 07:33 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 07:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37804 |
Actions (login required)
View Item |