ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL PRODUK PADA G’PREX FRIED CHICKEN DI DESA JAMBEWANGI KABUPATEN BANYUWANGI

Aditya Abimanyu, Randy (2024) ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL PRODUK PADA G’PREX FRIED CHICKEN DI DESA JAMBEWANGI KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI RANDY (B5).pdf

Download (4MB)

Abstract

Randy Aditya Abimanyu, Nikmatul Masruroh, 2024: Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Produk Pada G’PREX Fried Chicken Di Desa Jambewangi Kabupaten Banyuwangi.

Kata Kunci: Harga Pokok Produksi, Harga Jual, G’PREX Fried Chicken

Perusahaan merupakan segala bentuk badan usaha yang melakukan
aktivitas produksi yang menghasilkan suatu produk atau jasa, menjalankan
setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus menerus dalam memenuhi
kebutuhan masyarakat serta untuk mencari keuntungan atau laba dari aktivitas
yang dijalankan. Pentingnya melakukan perhitungan terhadap harga pokok produk oleh setiap perusahaan agar supaya perusahaan dapat mengetahui besaran biaya
produksi yang hendak dikeluarkan saat akan memproduksi suatu barang atau
jasa. Penentuan harga jual dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu, penawaran atau permintaan, pesaing, dan biaya. Namun pada umumnya yang menjadi tolak ukur dalam menentukan harga jual adalah harga pokok produksi.
Fokus penelitian yang akan diteliti adalah: 1) Bagaimana perhitungan harga pokok produksi yang diterapkan oleh G’PREX Fried Chicken di Desa Jambewangi Kabupaten Banyuwangi? 2) Bagaimana analisis penentuan harga jual produk G’PREX Fried Chicken di Desa Jambewangi Kabupaten Banyuwangi?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perhitungan harga pokok produk yang diterapkan oleh G’PREX Fried Chicken di Desa Jambewangi Kabupaten Banyuwangi. 2) Untuk menganalisis penentuan harga jual produk G’PREX Fried Chicken di Desa Jambewangi Kabupaten Banyuwangi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi dengan cara terjun langsung ke lapangan. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil Penelitian yang dilakukan adalah: 1) Perhitungan harga pokok produksi yang diterapkan oleh G’PREX Fried Chicken masih terbilang sangat sederhana serta masih belum menerapkan perhitungan harga pokok produksi yang sesuai dengan metode Full Costing. Pada G’PREX Fried Chicken disini masih mengabaikan biaya-biaya lain yang secara tidak langsung juga termasuk dalam biaya produksi seperti, biaya penyusutan peralatan, biaya pembelian styrofoam, biaya pembelian kantong plastik, biaya pembelian sayuran lalapan, serta biaya pembelian gas elpiji. 2) Perhitungan harga jual produk yang diterapkan oleh G’PREX Fried Chicken disini masih belum sesuai dengan perhitungan harga jual produk dengan metode Cost Plus Pricing, jadi hanya menentukan harga berdasarkan perkiraan dan mengikuti harga pasar. Hasil perhitungan pada harga jual menurut G’PREX Fried Chicken sebesar Rp11.000/porsi, sedangkan harga jual produk menurut metode Cost Plus Pricing adalah sebesar Rp12.000/porsi, sehingga terdapat perbedaan sebesar Rp1.000 dalam perhitungannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Randy Aditya Abimanyu
Date Deposited: 16 Dec 2024 08:51
Last Modified: 16 Dec 2024 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37815

Actions (login required)

View Item View Item