Larasati, Lailia Eky (2024) Pengembangan Booklet Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kelas VIII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
LAILIA EKY LARASATI_202101100036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK
Lailia Eky Larasati, 2024. Pengembangan Booklet Praktikum Ilmu Pengetahuan
Alam Kelas VIII SMP/MTs
Kata Kunci: Booklet Praktikum, Zat Aditif, Zat Adiktif.
Penelitian dan pengembangan ini di latar belakangi permasalahan yang
dialami oleh siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al Fatah Sragi
Banyuwangi yang menganggap pelajaran IPA sulit terutama pada materi sistem
pencernaan manusia zat aditif dan zat adiktif, dan sistem peredaran darah
manusia. Siswa menginginkan pembelajaran berbasis praktik langsung namun
sekolah belum menyediakan fasilitas laboratorium. Melalui produk
pengembangan booklet praktikum Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII SMP/MTs
diharapkan dapat membantu siswa dan guru dalam melaksanakan kegiatan
praktikum. Booklet praktikum disusun khusus untuk sekolah yang belum memiliki
laboratorium karena menggunakan alat dan bahan sederhana yang mudah ditemui
dilingkungan sekitar. Selain itu, booklet praktikum sangat menarik karena memuat
gambar dan prosedurnya menggunakan bahasa sederhana yang mudah dipahami
oleh siswa kelas VIII.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini ialah mengetahui validitas
dari booklet praktikum Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas VIII SMP/MTs dan
mengetahui respons siswa terhadap booklet praktikum Ilmu Pengetahuan Alam
untuk kelas VIII SMP/MTs yang dikembangkan.
Tahapan dari penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi dari model
ADDIE yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation. Akan tetapi pada tahap evaluasi hanya sampai tahap evaluasi formatif
saja. Produk pengembangan yang telah selesai kemudian dilakukan uji respon
skala kecil guna mengetahui kelayakan keterbacaan dan skala besar guna
mengetahui respon siswa terhadap produk pengembangan
Hasil penilaian dari validator ahli media memperoleh nilai sebesar 94%
dengan kriteria penilaian termasuk kategori sangat valid. Penilaian dari ahli materi
mendapat nilai sebesar 91,5%, nilai ini didapat dari validasi ahli materi biologi
dan ahli materi kimia, nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat valid.
Validasi ahli bahasa memperoleh nilai 90% yang termasuk kategori sangat valid.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa booklet praktikum Ilmu
Pengetahuan Alam sangat valid dan dapat digunakan sebagai panduan dalam
melaksanakan kegiatan praktikum untuk siswa kelas VIII SMP/MTs.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Ms Lailia Eky Larasati |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 01:18 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 01:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37831 |
Actions (login required)
View Item |