Uzlifah, Inta Miftahu Riza (2024) Pengembangan Game Edukasi dengan Pendekatan STEM Pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII di MTsN 5 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.
Text
INTA MIFTAH MIFTAHU RIZA U_ 201101100015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK
Inta Miftahu Riza Uzlifah, 2024: Pengembangan Game Edukasi Dengan Pendekatan STEM Pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII di MTsN 5 Jember.
Kata Kunci: Pengembagan Game edukasi, Pendekatan STEM, Getaran dan Gelombang
Latar belakang dilakukannya penelitian dan pengembangan ini karena permasalahan yang dialami oleh peserta didik kelas VIII di MTsN 5 Jember, yang mana peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi IPA, khususnya materi Getaran dan Gelombang. Hal tersebut disebabkan karena karakteristik materi Getaran dan Gelombang yang terdapat banyak rumus, sehingga peserta didik kesulitan dalam memahami materi tersebut. Selain karena karakteristik materi, keterbatasan media yang digunakan oleh guru juga menjadikan pembelajaran kurang menarik, dan peserta didik kurang antusias dalam memahami materi. Peserta didik juga belum mampu untuk mengaitkan dan mengetahui manfaat praktis dari materi Getaran dan Gelombang dalam kehidupan sehari-hari. Melalui media berupa game edukasi dengan pendekatan STEM, diharapkan peserta didik mampu memahami materi Getaran dan Gelombang, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sesuai dengan pembelajaran abad 21, yang menekankan agar peserta didik menjadi terampil dan mandiri dalam mengatasi masalah kehidupan sehari-hari.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini ada dua, yaitu untuk mendeskripsikan validitas produk game edukasi dengan pendekatan STEM pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di MTsN 5 Jember. Tujuan berikutnya yaitu untuk mendeskripsikan tanggapan atau respon peserta didik terhadap game edukasi dengan pendekatan STEM pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di MTsN 5 Jember.
Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4-D oleh Thiagarajan, dan dimodifikasi menjadi 3-D, yaitu define, design, dan develop. Hal tersebut disebabkan karena materi yang dimuat dalam penelitian dan pengembangan ini sudah diajarkan. Dengan keterbatasan waktu, maka tahapan pada penelitian dan pengembangan ini hanya sampai pada tahap Develop saja.
Hasil dari validasi oleh ahli materi yaitu sebesar 88% dengan ketagori sangat valid, sedangkan dari ahli media memperoleh nilai dengan persentase 97,5%, dan termasuk kategori sangat valid. Selanjutnya oleh pengguna atau guru mendapatkan hasil validasi sebesar 93,8% dengan kategori sangat valid. Untuk uji respon skala kecil memperoleh penilaian sebesar 85,4%, dengan kategori sangat menarik, dan pada skla besar nilai yang diperoleh yakni 89% dalam kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penilaian, maka dapat disimpulkan bahwa media berupa game edukasi dengan pendekatan STEM sangat valid dan sangat menarik untuk diterapkan dalam proses pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | miss Inta MIftahu Riza Uzlifah |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 01:11 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 01:11 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37833 |
Actions (login required)
View Item |