Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe student teams achievement division (STAD) Pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di sekolah dasar nahdlatul ulama (SDNU) At-taqwa Balung jember

Kadafi, Andi (2024) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe student teams achievement division (STAD) Pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di sekolah dasar nahdlatul ulama (SDNU) At-taqwa Balung jember. Undergraduate thesis, Uin khas.

[img] Text
ANDI MOCH KADAFI.1-dikompresi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Andi Moch Kadafi, 2024: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Di SD NU At-Taqwa Balung Tahun Pelajaran 2024-2025
Kata Kunci: Penerapan, Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD), Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Konteks penelitian ini adalah saat observasi awal, peneliti menemukan problematika dalam penggunaan metode pada materi bahasa Indonesia. Metode pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan adalah metode ceramah dan Tanya jawab. Penggunaan metode ceramah dan tanyajawab ini ada kalanya juga siswa akan merasa bosan, kurang bersemangat dalam belajar, dan mendominasi siswa utuk aktif. model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) yang dijadikan sebagai model pembelajaran terpilih yang diyakini dapat membantu peserta didik untuk mengolah informasi yang didapat melalui model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD).
Fokus Penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD NU At-Taqwa? 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD NU At-Taqwa? 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD NU At-Taqwa?. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD NU At-Taqwa. 2) mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD NU At-Taqwa. 3) mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD NU At-Taqwa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah Deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, waancara dan dokumentasi. Dengan analisis menggunakan 1) kondensasi data 2) penyajian data 3) kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Perencanaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD NU At-Taqwa Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Kepala Sekolah dan para dewan guru melakukan musyawarah tentang tujuan, langkah dan alokasi waktu juga standart penilaian, Hal-hal lain yang dipersiapkan yaitu capaian pembelajaran, modul ajar, fasilitas atau media yang akan digunakan dan materi. 2) Pelaksanaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD NU At-Taqwa Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Pelaksaan model ini meliputi kegiatan awal yaitu salam, kemudian membagi kelompok, membagikan materi atau sub pokok pemahasan, kemudian mengerjakan seperti model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD, setelah selesai guru menutup kegiatan belajar. 3) Evaluasi model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD NU At-Taqwa Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa evaluasi model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) pada mata pelajaran bahasa indonesia berbentuk pengerjaan mencari dan memecahkan permasalahan sesuai materi. Evaluasi yang kedua yakni melalui ujian tertulis seperti ujian semester atau tengah semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190103 Art Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Andi Moch Kadafi
Date Deposited: 17 Dec 2024 03:55
Last Modified: 17 Dec 2024 03:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37835

Actions (login required)

View Item View Item