Manajemen Pembelajaran Pada Program Bilingual di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri I Jember

APRILIA PUTRI, FIRDAUS (2021) Manajemen Pembelajaran Pada Program Bilingual di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri I Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
Aprilia Putri Firdaus_T20173043.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aprilia Putri Firdaus, 2021 : Manajemen Pembelajaran Pada Program Bilingual di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri I Jember. Program bilingual merupakan penggunaan dua bahasa yakni bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari yang setiap minggunya dikemas melalui debate/ mujadalah, speech/ khitobah, missing lyrics/ yel-yel, dan role play/ drama. Untuk memaksimalkan program bilingual perlu adanya sebuah manajemen pembelajaran, dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Agar program bilingual bisa berjalan sesuai yang diharapkan dan pelaksanaannya dapat tercapai. Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pada program bilingual di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri I Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pada program bilingual di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri I Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pada program bilingual di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri I Jember? Tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran pada program bilingual di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri I Jember. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pada program bilingual di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri I Jember. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran pada program bilingual di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al- Qodiri I Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pastisipasi pasif, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu: 1. Perencanaan pembelajaran pada program bilingual di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri I Jember guru menggunakan silabus dan SOP sebagai perangkat pembelajaran yang telah dirancang oleh madrasah dan kemnetrian bahasa. 2. Pelaksanaan pembelajaran pada program bilingual di MTs Ungulan Al-Qodiri I Jember dilaksanakan melalui 3 kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. 3. Evaluasi pembelajaran pada program bilingual di MTs Unggulan Al-Qodiri I Jember dilaksanakan dengan penilaian jenis tes dan penilaian jenis non tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:38
Last Modified: 19 Apr 2022 01:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3784

Actions (login required)

View Item View Item