Analisis Kesalahan Siswa Camper dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar ditinjau dari Gaya Belajar di SMP Negeri 2 Balung

Miftahurohmah, Iffa (2024) Analisis Kesalahan Siswa Camper dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar ditinjau dari Gaya Belajar di SMP Negeri 2 Balung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IFFA MIFTAHUROHMAH_202101070035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci: Kesalahan Siswa, Adversity Quotient Tipe Camper , Gaya Belajar.

Kesalahan yang terjadi saat menyelesaikan soal matematika merupakan suatu bentuk ketidaksesuaian dalam menjawab soal yang diberikan, dengan langkah-langkah matematis yang semestinya. Penyebabnya beragam antara lain gaya belajar serta daya juang seorang siswa. Banyak teori yang bisa dipilih untuk menganalisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal, salah satunya teori kastolan.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kesalahan siswa camper dalam menyelesaikan soal cerita aljabar dengan gaya belajar visual. 2) Bagaimana kesalahan siswa camper dalam menyelesaikan soal cerita aljabar dengan gaya belajar auditori. 3) Bagaimana kesalahan siswa camper dalam menyelesaikan soal cerita aljabar dengan gaya belajar kinestetik. Dari fokus penelitian ini peneliti memiliki tujuan sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan kesalahan siswa camper dalam menyelesaikan soal cerita aljabar dengan gaya belajar visual. 2) Mendeskripsikan kesalahan siswa camper dalam menyelesaikan soal cerita aljabar dengan gaya belajar auditori. 3) Mendeskripsikan kesalahan siswa camper dalam menyelesaikan soal cerita aljabar dengan gaya belajar kinestetik.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan pendeketan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan di SMP Negeri 2 Balung Jember. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan didapat 6 subjek siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu : 1) Siswa camper dengan gaya belajar visual cenderung melakukan kesalahan konseptual dan kesalahan teknik 2) Siswa camper dengan gaya belajar auditorial cenderung melakukan kesalahan kesalahan konseptual dan kesalahan teknik. 3) Siswa camper dengan gaya belajar kinestetik cenderung melakukan indikator kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: MS Iffa Miftahurohmah
Date Deposited: 17 Dec 2024 01:59
Last Modified: 17 Dec 2024 01:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37842

Actions (login required)

View Item View Item