Fitriati, Ananda Putri (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA EVALUASI GOOGLE FORM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMA NEGERI 5 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
ANANDA PUTRI FITRIATI_204101080005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Ananda Putri Fitriati, 2024: Efektivitas Penggunaan Media Evaluasi Google Form Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Kelas X dDi SMA Negeri 5 Jember.
Kata Kunci: Google Form, Hasil Belajar
Seiring berjalannya waktu, pendidikan mengalami perkembangan, perkembangan di dunia pendidikan dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya teknologi. Berdasarkan hasil wawancara bersama siswa kelas X di SMA Negeri 5 Jember diketahui bahwa penggunaan media evaluasi konvensional (kertas) dianggap kurang efektif karena gambar pada kertas tidak jelas, dan lamanya proses pengerjaan jawaban. Di era teknologi ini, pendidik dapat memanfaatkan teknologi sebagai media evaluasi, salah satunya yaitu Google Form.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana hasil belajar siswa pada materi virus kelas X di SMA Negeri 5 Jember sesudah digunakannya media evaluasi Google Form? 2) Bagaimana efektivitas penggunaan media evaluasi Google Form terhadap hasil belajar siswa pada materi virus kelas X di SMA Negeri 5 Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi virus kelas X di SMA Negeri 5 Jember sesudah digunakannya media evaluasi Google Form. 2) Mengetahui efektivitas penggunaan media evaluasi Google Form terhadap hasil belajar siswa pada materi virus kelas X di SMA Negeri 5 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design, desain Non Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak dua kelas, yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Sampel T-Test dan uji N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil uji independent sampel t-test dapat diketahui nilai df sebesar n-1 (36 - 1= 35) di peroleh nilai ttabel sebesar 1,680 dan thitung 6,508 dan Sig (2-tailed) = 0,000. Maka diketahui bahwa thitung > ttabel (6,508 > 1,680), sehingga Hα diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sesudah digunakannya media evaluasi Google Form terhadap hasil belajar siswa pada materi virus kelas X di SMA Negeri 5 Jember. 2) Berdasarkan data hasil perhitungan uji N-Gain, menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain kelas eksperimen (media evaluasi Google Form) adalah sebesar 62,5762 atau 62,6%, sehingga termasuk dalam kategori cukup efektif. Sedangkan rata-rata N-Gain untuk kelas kontrol (media evaluasi konvensional atau kertas) adalah sebesar 41,9285 atau 41,9%, sehingga termasuk dalam kategori kurang efektif. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan media evaluasi Google Form lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan media evaluasi konvensional (kerta
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060506 Virology 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Ms Ananda Putri Fitriati |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 02:49 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 02:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37855 |
Actions (login required)
View Item |