PENGEMBANGAN MEDIA “FUN THINKERS BOOK” PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV MI SALAFIYAH SIDORENGGO KABUPATEN MALANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

ichsan subekti, Alfian (2024) PENGEMBANGAN MEDIA “FUN THINKERS BOOK” PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV MI SALAFIYAH SIDORENGGO KABUPATEN MALANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alfian Ichsan Subekti_205101040007.fixs (1).pdf

Download (6MB)

Abstract

Alfian Ichsan Subekti 2020: Pengembangan Media Fun Thinkers Book Pembelajaran IPAS di Kelas IV MI Salafiyah Sidorenggo Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci : Media, Fun Thinkers Book, Pembelajaran IPAS
MI Salafiyah Sidorenggo Kabupaten Malang didalam penggunaan media pembelajaran masih sangat kurang dan hanya beberapa guru yang menggunakan media pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Dalam proses pembelajaran sebagian besar guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab tanpa ada variasi metode atau model pembelajaran lainnya. Sehingga keadaan ini mengakibatkan sebagian besar peserta didik bosan dengan suasana pembelajaran, karena peserta didik hanya mendengarkan guru di kelas. Khususnya di kelas IV ini guru masih menggunakan metode ceramah dan menggunakan media seadanya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPAS)
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana efektifitas pengembangan media Fun Thinkers Book pada pembelajaran IPAS kelas IV MI Salafiyah Sidorenggo Kab.Malang?2. Bagaimana Kelayakan media Fun Thinkers Book pada pembelajaran IPAS kelas IV MI Salafiyah Sidorenggo Kab.Malang?3. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pengembangan media Fun Thinkers Book pada pembelajaran IPAS kelas IV MI Salafiyah Sidorenggo Kab.Malang
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini ialah: 1. Menghasilkan produk pengembangan berupa media pembelajaran Fun Thinkers book pada pembelajaran IPAS Kelas IV MI Salafiyah Sidorenggo Kabupaten Malang. 2. Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran Fun Thinkers Book pada pembelajaran IPAS Kelas IV MI Salafiyah Sidorenggo Kabupaten Malang.3. mengetahui factor pendukung dan penghambat pengembangan media Fun Thinkers Book pada pembelajaran IPAS kelas IV MI Salafiyah Sidorenggo Kab.Malang
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau sering dikenal dengan istilah Reaserch and Development atau disebut juga R & D. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model penelitian ADDIE atau sering disebut dengan analysis, design, development, implementation dan evaluation). Model ADDIE yang efektif lebih berfokus pada pelaksanaan tugas otentik,pengetahuan yang bersifat kompleks, dan permasalahan asli.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Produk yang dikembangkan yaitu media Fun Thinkers Book Pembelajaran IPAS berisi gambar dan penjelasan mengenai profesi yang ada dan harus dipahami oleh siswa, 2) Secara keseluruhan analisis dari para ahli media menunjukkan presentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran, dan 3) data uji coba produk dengan melakukan respon pada peserta didik menunjukkan presentase rata-rata sebesar 84,8%, sehingga dapat dinyatakan produk media Fun Thinkers Book dinyatakan layak untuk digunakan dan tidak perlu direvisi ulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Alfian Ichsan Subekti
Date Deposited: 17 Dec 2024 07:51
Last Modified: 17 Dec 2024 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37856

Actions (login required)

View Item View Item