”Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-nilai Religius Melaui Kegiatan Keagamaan Di SMA BIMA Ambulu Jember”.

ARIF ROHMATULLOH, - (2021) ”Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-nilai Religius Melaui Kegiatan Keagamaan Di SMA BIMA Ambulu Jember”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
ARIF ROHMATULLOH_084 131 444.pdf

Download (5MB)

Abstract

Arif Rohmatullah, 2020 :”Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-nilai Religius Melaui Kegiatan Keagamaan Di SMA BIMA Ambulu Jember”. Pendidikan agama islam adalah pendidikan yang bertujuan untuk menumbuhkan pola kepribadian manusia yang bulat melalui latihan kejiwaan, kecerdasan otak, penalaran, perasaan, dan indra. Pendidikan Agama dimaksudkan untuk meningkatan potensi religius dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Esa dan berakhlak mulia. Penanaman nilai-nilai ibadah, akhlak disini maksudnya menanamkan nilainilai agama menjadi bentuk tingkah laku dan pembiasaan yang ada disekolah. Dalam hal ini pendidikan agama islam tidak hanya tersampaikan sebagai sebuah materi saja, tetapi tersampaikan dalam sebuah nilai yang terbentuk dalam tingkah laku warga sekolah. Di SMA BIMA Ambulu ini kegiatan keagamaan yang dilakukan salah satunya yaitu menerapkan kultur Islami 4S (senyum, sapa, salam, santun) dan 2M (mematikan dan menuntun) sepeda motor di area sekolah serta memasang slogan-slogan yang mengandung unsur religius. Kegiatan tersebut masih jarang diterapkan oleh sekolah-sekolah yang lainnya. Dari sini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di SMA BIMA Ambulu Jember ini. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Ibadah Melalui Kegiatan Keagamaan pada Siswa Sekolah Menengah Atas BIMA Ambulu Jember? (2) Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak Melalui Kegiatan Keagamaan pada Siswa Sekolah Menengah Atas BIMA Ambulu Jember? Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Ibadah Melalui Kegiatan Keagamaan pada Siswa Sekolah Menengah Atas BIMA Ambulu Jember. (2) Mendeskripsikan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilainilai Akhlak Melalui Kegiatan Keagamaan pada Siswa Sekolah Menengah Atas BIMA Ambulu Jember. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan interaktif, model Miles and Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu mengenai penanaman nilai-nilai ibadah melalui kegiatan keagamaan diantaranya yaitu mengadakan sholat dhuhur berjama’ah, memperingati hari besar keagamaan seperti Maulid Nabi, Isra’ Mi’raj, pondok Ramadhan, zakat fitrah, sholat idul adha di sekolah. Sedangkan mengenai penanaman nilai-nilai akhlak melalui kegiatan keagamaan diantaranya yaitu dengan menerapkan kultur Islami 4S (senyum, sapa,salam, santun) dan 2M (mematikan dan menuntun) kendaraan bermotor di areasalam, santun) dan 2M (mematikan dan menuntun) kendaraan bermotor di areasalam, santun) dan 2M (mematikan dan menuntun) kendaraan bermotor di area sekolah serta memasang slogan-slogan yang mengandung unsur religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:38
Last Modified: 19 Apr 2022 01:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3786

Actions (login required)

View Item View Item